2

Tutorial memisahkan photo dengan background menggunakan chanels layers

Tutorial memisahkan photo dengan background menggunakan chanels layers Teknik ini yang paling mudah dan cocok digunakan untuk gambar dengan...



Tutorial memisahkan photo dengan background menggunakan chanels layers
Teknik ini yang paling mudah dan cocok digunakan untuk gambar dengan background yang mempunyai warna solid. Dan untuk tutorial kali ini, kita akan belajar memisahkan rambut dari background dengan menggunakan Channels.

Sample
xxx
Materi
  • Tingkat kesulitan : Pemula
  • Software yang digunakan : Adobe Photoshop
  • Materi yang dipelajari : Seleksi dengan menggunakan Channels
  • Lama pembuatan : 20 Menit


TUTORIAL
Langkah 1. Persiapan
Buka gambar di Photoshop (File > Open). Kemudian di jendela Layers, hilangkan tanda gembok dengan mengeklik 2 kali tanda gembok tersebut. Lalu di jendela dialog yang muncul, beri nama “Rambut”.
Layer “Rambut” ini kemudian kita duplikasi (ctrl + j) . Pada layer baru tersebut, beri nama “Wajah”. Susunan layer kita kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini.
Langkah 2 Seleksi wajah
Pastikan layer “Wajah” aktif. Kita akan mengedit layer ini untuk mengambil wajahnya saja. Kenapa? Karena menurut saya, dengan membuat seleksi wajah pada tahap awal ini, akan bisa lebih memudahkan kita pada waktu bekerja di Channels nantinya. Untuk seleksi wajah, saya menggunakan Magnetic Lasso Tool.

Buat garis seleksi mengelilingi wajah, telinga, leher, dan baju (gambar ilustrasi dalam mode Quick Mask)
Kemudian hapus bagian rambutnya, sehingga kita nanti hanya akan mendapatkan bagian wajah, telinga, leher dan baju saja.
Langkah 3 Seleksi rambut dengan menggunakan Channels
Aktifkan layer “Rambut”, kemudian buka tab Channels (Window > Channels). Di sana anda akan melihat channel RGB, Red, Green, dan Blue. (Penjelasan lebih lengkap tentang Channel bisa anda baca di Photoshop channel). Di sini kita harus mencari channel yang mempunyai kontras yang baik. Dan kebetulan, channel Green mempunyai kontras yang saya cari. Maka duplikasi channel Green. Dan aktifkan channel Green hasil duplikasi tadi. Kita akan bekerja di channel duplikat ini.
Sebenarnya tujuan dari penggunaan Channel ini adalah untuk mendapatkan kontras yang baik(warna hitam dan putih). Dengan kontras yang baik, kita akan lebih mudah membuat seleksi obyek (beserta rambutnya), jadi mari kita bermain kontras.
Klik menu Image > Adjustments > Brightness/Contrast … Saya memberi nilai +100 pada Contrast
Lalu klik menu Image > Adjustments > Levels … Beri nilai seperti pada gambar.
Pada waktu anda menggeser slider Levels, maka anda akan melihat warna rambut menjadi lebih gelap/hitam. Usahakan agar beberapa helai rambut yang tipis tidak menjadi hilang.
Urusan membuat rambut menjadi lebih kontras sudah selesai, sekarang mari kita membuat wajah menjadi kontras juga. Masih ingat dengan layer “Wajah” yang kita buat pada awal tutorial tadi? Aktifkan kembali layer “Wajah” tersebut. Lalu buat seleksi dengan menekan tombol Ctrl + Klik kiri pada layer “Wajah”. Anda akan melihat garis putus-putus tanda seleksi yang mengelilingi gambar wajah.
Setelah membuat seleksi pada layer “Wajah”, kita kembali ke Channel duplikat kita. Anda masih akan melihat garis putus-putus tanda seleksi. Lalu Fill dengan warna hitam melalui menu Edit > Fill … (Shift + F5) dan pilih warna black. Maka hasil yang kita dapat akan berbentuk seperti ini.
Dari gambar di atas, kita sudah mulai kelihatan bentuk seleksi kita nantinya. Maka, buat seleksi dengan menekan Ctrl + Klik kiri pada Channel duplikat ini, maka anda akan melihat garis putus-putus tanda seleksi. Kembali ke layer “Rambut”, tekan tombol Backspace atau Delete. Maka background gambar akan hilang. Dan menyisakan obyek beserta rambutnya. (Layer “Wajah” bisa anda buang sekarang. Kita tidak memerlukannya lagi)
Langkah 4 Finishing
Buat layer baru di bawah layer “Rambut”, dan beri warna yang agak gelap/gelap sekalian. Maka anda akan melihat ada bayangan putih di sekitar rambut.
Untuk memperbaikinya, klik menu Layer > Matting > Remove White Matte. Maka bayangan putih tersebut akan jauh berkurang. Dan untuk lebih menyempurnakannya, kita gunakan Burn Tool. Sapukan Burn Tool pada bagian dimana bayangan putih masih terlihat. Lakukan berulang kali sampai bayangan putih tidak terlihat lagi.
Semoga tutorial ini bisa dicerna dan membantu anda sekalian dalam menghilangkan background pada bagian rambu


COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,52,Iklan,3,Indonesia,17,Inspirasi,83,Islam,412,Kesehatan,66,Konsultasi,13,Kriminal,1,Kuliner,61,Malaysia,17,News,529,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,26,Pojokbmi,398,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,3,Taiwan,94,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini: Tutorial memisahkan photo dengan background menggunakan chanels layers
Tutorial memisahkan photo dengan background menggunakan chanels layers
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini
http://www.de-yuan.com/2013/05/tutorial-memisahkan-photo-dengan.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2013/05/tutorial-memisahkan-photo-dengan.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy