2

Cara Cepat Menumbuhkan Ketangguhan Pribadi (Personal Strength)

Ketangguhan pribadi adalah ketika seseorang telah mengenal jati diri spiritual yang telah diperolehnya melalui inner journey hingga menjangk...

Ketangguhan pribadi adalah ketika seseorang telah mengenal jati diri spiritual yang telah diperolehnya melalui inner journey hingga menjangkau inner teritory pada dimensi pencerahan di God Spot. Lalu pada akhirnya, ia akan mengenal siapa Tuhan-nya melalui pengenalan jati dirinya sendiri. “Apabila engkau telah mengenal siapa dirimu, maka engkau telah mengenal siapa Tuhan-mu” (Al-Hadits)

Ketangguhan pribadi adalah ketika seseorang berada pada posisi telah memiliki pegangan/ prinsip hidup yang kokoh dan jelas. Seseorang bisa dikatakan tangguh apabila ia telah memiliki prinsip yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungannya yang terus berubah dengan cepat. Ia tidak menjadi korban dari pengaruh lingkungan yang dapat mengubah prinsip hidup atau cara berpikirnya. Prinsip hidup yang dimilikinya bersifat abadi dan tidak akan goyah meski diterpa badai sekeras apapun. Orang yang telah memiliki prinsip hidup yang kuat, ia akan mampu untuk mengambil suatu keputusan yang bijaksana dengan menyelaraskan prinsip yang di anut dengan kondisi lingkungannya, tanpa harus kehilangan pegangan hidup. Memiliki prinsip dari dalam diri keluar, bukan dari luar ke dalam diri dan mampu mengendalikan pikirannya sendiri ketika berhadapan dengan situasi yang sangat menekan.

Seseorang dikatakan tangguh apabila telah merdeka dari berbagai belenggu yang bisa menyesatkan penglihatan dan pikiran, sehingga tidak mudah terhanyut oleh tujuh belenggu yang bisa menyesatkan serta mampu menjaga pikiran agar tetap jernih dan dalam kondisi fitrah, sehingga segala kebijaksanaan yang dibuatnya terbebas dari paradigma yang keliru.

Orang yang memiliki ketangguhan pribadi tidak akan pernah sakit hati, karena ia sendiri tidak mengizinkan hatinya untuk disakiti dan ia mampu untuk memilih respon atau reaksi yang sesuai dengan prinsip yang dianut. Disinilah pusat rasa aman yang sebenarnya, bukan pada lingkungan yang labil, tetapi pada 6 prinsip iman yang mantap.

Secara sistematis ,  ketangguhan pribadi adalah seseorang yang telah memiliki EQ paripurna yaitu telah memiliki 6 prinsip moral sebagai berikut :
1. memiliki prinsip dasar tauhid yaitu star principle, berprinsip hanya kepada Allah
2. memiliki prinsip kepercayaan, komitmen seperti malaikat
3. memiliki prinsip kepemimpinan, yaitu meneladani nabi dan Rasul
4. selalu memiliki prinsip pebelajaran yaitu berpedoman kepada al-Qur’an
5. memiliki prinsip masa depan, yaitu beriman kepada hari kemudian
6. memiliki peinsip keteraturan, yaitu ikhlas kepada ketentuan


Selanjutnya dalam pelaksanaan pada dimensi fisik (execution) ia memiliki 5 pedoman.
  1. Mission Statement yang jelas yaitu dua kalimat syahadat sebagai tujuan hidup dan berkomitmen kepada Tuhan.
  2. Memiliki sebuah metode pembangunan karakter melalui shalat lima waktu
  3. Memiliki kemampuan pengendalian diri yang dilatih dan disimbolkan dengan puasa
  4. Potensi dikeluarkan melalui zakat
  5. Haji

Apabila di analogikan dengan teori molekul, maka God Spot adalah sebuah pusat inti atom. Inti atom ini kemudian di lapisi dan dilindungi dengan 6 rukun iman sebagai kulit atom yang menjaga inti agar selalu tetap dalam kondisi murni dan jernih. Untuk mengasah, mempertahankan serta meningkatkan energi inti atom tersebut, maka ia dilingkari dan di kelilingi oleh syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji yang terus berputar-putar secara teratur, seperti elektron mengelilingi inti atom. Hasilnya adalah kualitas tingkat medan magnet yang menghasilkan gravitasi keimanan yang kuat terpelihara dna seimbang yang akan menghasilkan suatu ketangguhan pribadi yang hebat.

Analogi ESQ Model ini menggambarkan suatu keteraturan sistem, seperti galaksi bima sakti, bulan yang mengelilingi bumi, bumi yang mengililingi matahari, dan elektron-elektron yang mengellilingi inti atom. Begitu juga God Spot (Fitrah) yang dibungkus oleh iman, dan iman yang dikelilingi oleh 5 rukun Islam, yang kesemuanya selalu dalam prinsip keteraturan dan membentuk suatu sistem keseimbangan tata surya (spiritual kosmos)

Lima lingkaran terluar pada ESQ Model seluruhnya mengitari atau mengorbit pada titik Tuhan (God Spot). Penetapan misi (Mission Statement) dan pembanngunan karakter (Character Building) semuanya mengacu pada pengitaran pusat inti. Hal ini melukiskan misi kehidupan serta karakter manusia yang harus berpusat pada kehendak Tuhan (God Spot) yang tercermin pada asma’ul husna. Begitu pula dengan pengendalian diri (self controling), pun harus sesuai dengan kehendak Tuhan yaitu mengikuti garis edar. Kolaborasi strategis atau sinergi pun harus berprinsip pada suara hati (God Spot) bukan pada kepentingan golongan. Begitupun aksi atau tindakan yang dilakukan secara total merupakan wujud transformasi alam pikiran ke alam nyata. Ia meliputi semua kegiatan manusia yang selalu mengorbit (berlandaskan) pada kehendak suara hati Ilahiyah (dari dalam God Spot) secara seimbang dan berkesinambungan pada garis orbit.

Seumpama ESQ model sebagai tata surya,  maka kelima Planet Rukun Islam memiliki masa edar yang berbeda dalam proses mengelilingi inti (waktu evolusi). Planet syahadat berevolusi 9 kali dalam sehari semalam, di ucapkan pada tahiyat awal dan akhir ketika melakukan shalat wajib. Planet shalat berputar mengelilingi inti, 5 kali dalam sehari semalam. Planet puasa bergerak mengelilingi 1 kali dalam setahun (sebulan penuh). Zakat satu kali dalam setahun dan Ibadah haji satu kali dalam seumur hidup. Perhatikanlah hal ini baik-baik, semakin jauh dan semakinberat sebuah beban, maka gerakan semakin lambat. Dan ada kekuatan yang maha dahsyat yang menggerakkan ini semua yaitu sistem grafitasi pada God Spot. Apabila salah satu planet pada sistem tata surya macet, maka niscaya akan hancur alam semesta ini, begitu pula apabila salah satu rukun Islam di abaikan maka moral dan susunan tata sosial akan rusak, seperti yang terjadi pada bangsa ini saat ini. Itulah sebabnya, pelaksanaan nilai-nilai rukun Islam wajib hukumnya untuk tidak hanya di pahami, namun juga dilaksanakan. Seperti kewajiban Planet-Planet bima sakti untuk mengelilingi inti, demi keseimbangan alam semesta, yang kesemuanya thawaf kepada Allah.

Gerakan mengelilingi yang di lakukan berulang-ulang melambangkan konsistensi dari sebuah langkah penyempurnaan dan pengasahan (Continuous Improvement) untuk senantiasa menuju kepada sifat-sifat Ilahiah, dan semua menuju Allah sebagai pusat orbit (kiblat). Tulah gerakan yang dinamakan Thawaf Spiritual Kosmos.

Kelima planet Rukun Islam yang selalu beredar tersebut  memiliki tujuan utama yaitu (1) Memelihara dan menjaga core values atau nilai dasar spiritual, yaitu suara hati Ilahiah yang terdpat pada God Spot (sebagai pusat orbit). (2) Memelihara serta menjaga tujuan dasar (core purposes) yaitu pengabdian kepada Tuhan. Tujuan dasar Spiritual (Core Purposes) serta nilai-nilai dasar spiritual (core values) itulah yang harus senantiasa dipertahankan di tengah perubahan budaya, kebiasaan, strategi dan kebijakan. Lantas bagaimana 5 Rukun Islam mampu menjaga core values  dan core purposes selalu dalam garis edar-Nya :
  1. Core Purposes atau tujuan dasar spiritual manusia adalah pengabdian hanya kepada Allah, bukan kepada jabatan, uang, harta, atau kelompok. Inilah pesan tauhid Nabi Ibrahim. Ini dilatih dan dibentuk dengan syahadat 9x sehari semalam dalam shalat 5 waktu. Tujuan dasar ini harus senantiasa berpusat pada God Spot sebagai center og gravity (kiblat) dan syahadat adalah pilot pembimbingnya.
  2. Core values atau nilai dasar spiritual pada God Spot dilatih dengan pengulangan sifat-sifat luhur atau sifat Allah dalam shalat 5 waktu, sehingga nilai-nilai mulia seperti kasih sayang, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kebersamaan, dan kedamaian terinternalisasi melalui pengulangan ucapan dengan gerak dalam shalat.
  3. Puasa berfungsi melindungi serta memerangi faktor-faktor perusak nilai dasar/ tujuan dasar spiritual, contoh sikap yang merusak kejujuran adalah kecurangan, yang merusak kebersamaan adalah bermusuhan maka kecurangan dan bermusuhan harus dihentikan dan diperangi.  Inilah wujud perang terhadap hawa nafsu.
  4. Fitrah manusia berupa suara hati ilahiyah dalam God Spot, harus pula dizakatkan atau dikeluarkan, dan tidak boleh hanya disimpan di dasar hati. Nilai-nilai spiritual itu harus dikeluarkan dalam bentuk langkah nyata, bukan dlam bentuk value namun dalam bentuk action. Jadi substansi nya adalah keluarkanlah seluruh potensi fitrah dalam diri kita, zakatkan fitrah yang kita miliki,  serta zakatkan apa yang ada dalam God Spot kita.
Guru keluarkan Ilmumu
Polisi keluarkan kejujuranmu
Hakim keluarkan keadilanmu
Insinyur keluarkan kreativitasmu
Tentara keluarkan perlindunganmu
Dokter keluarkan pengobatanmu
Ibu keluarkan kasih sayangmu
Keluarkan semua potensi spiritual dalam God Spot mu menjadi amal shaleh, zakatkan fitrahmu menjadi langkah nyata.
5.    Kerahkan seluruh potensi spiritual dalam God Spot mu dengan sepenuh hati dan jadikan langkah nyata seperti haji. Kenali potensimu dan Tuhanmu ketika wukuf di arafah. Bersihkan belenggu hatimu dengan melontar jumrah. Bangun mental tauhidmu dengan thawaf dan berlarilah dengan tak kenal lelah, pantang menyerah, tak jemu henti seperti sa’i nya siti Hajar. Jikalau anda mampu melakukannya, lakukanlah...niscaya keberhasilan dan sukses dunia serta akhirat akan tiba, seperti halnya air zam-zam yang mengalir tiada henti hingga saat ini di Mekkah.

Kelima langkah ini lah yang menjadi pembimbing dalam setiap gerak, sekaligus sebagai mekanisme penjagaan serta pemeliharaan nilai dasar spiritual serta tujuan dasar spiritual di tengah perubahan budaya, kebiasaan serta teknologi.

Langkah langkah membangun Ketangguhan Pribadi (Personal Strength)
1.    Mission Statement
2.    Character Building
3.    Self Controling

COMMENTS

Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,70,Download,24,Hong Kong,30,Iklan,3,Indonesia,2,Inspirasi,82,Islam,411,Kesehatan,66,Konsultasi,12,Kuliner,61,Malaysia,2,News,433,Opini,238,Orang Hilang,5,Pernik,22,Pojokbmi,297,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,2,Taiwan,63,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Cara Cepat Menumbuhkan Ketangguhan Pribadi (Personal Strength)
Cara Cepat Menumbuhkan Ketangguhan Pribadi (Personal Strength)
http://1.bp.blogspot.com/-T96xXp7rWII/Uolty4s6leI/AAAAAAAAAiY/QHaCgkKN83E/s320/peron.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-T96xXp7rWII/Uolty4s6leI/AAAAAAAAAiY/QHaCgkKN83E/s72-c/peron.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2013/11/cara-cepat-menumbuhkan-ketangguhan.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2013/11/cara-cepat-menumbuhkan-ketangguhan.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy