2

Cara Jitu Membangun Mental Terbaik dan Terdepan

Cara Jitu Membangun Mental Terbaik dan Terdepan. Sebelum anda membaca artikel ini, anda harus sudah membaca dan memahami serta merealisasika...

Cara Jitu Membangun Mental Terbaik dan Terdepan. Sebelum anda membaca artikel ini, anda harus sudah membaca dan memahami serta merealisasikan artikel Cara Menjernihkan pikiran / hati (Zero Mind Process) dengan membaca artikel tersebut dan merealisasikannya maka anda akan memiliki kejernihan emosi dan kesadaran bahwa anda telah memiliki suara hati spiritual SQ (self conscience). Kemudian setelah itu barulah dibangun kecerdasan emosi SQ melalui enam (6) prinsip yang didasarkan kepada rukun iman, yaitu :

1)    Membangun Prinsip bintang sebagai pegangan hidup (Star Principle )
2)    Memiliki prinsip malaikat sehingga anda selalu dipercaya oleh orang lain
3)  Memiliki prinsip kepemimpinan yang akan membimbing anda menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh
4)    Menyadari akan pentingnya prinsip pembelajaran yang akan mendorong kepada sebuah kemajuan
5)    Mempunyai prinsip masa depan, sehingga anda akan selalu memiliki visi
6)    Memiliki prinsip keteraturan, sehingga tercipta suatu system mental (EQ) dalam satu kesatuan tauhid.
 
Melalui 6 (enam) prinsip tersebut anda akan memiliki landasan kokoh untuk membangun kecerdasan emosi yang tangguh dalam diri anda. Dan yang terpenting adalah anda memiliki pegangan yang pasti dan abadi berupa 6 prinsip yang sangat kuat dan tidak akan pernah goyah meski harus menghadapi berbagai rintangan dan permasalahan berat sekalipun.
 
(1)    STAR PRINCIPLE (Membangun Prinsip Bintang sebagai Pegangan Hidup)
 
“Pikiran bukanlah sebuah wadah untuk di isi, melainkan api yang harus di nyalakan” 
(Ari Ginanjar A.)
a)    Bijaksana
b)    Integritas
c)    Rasa Aman
d)    Situasi Terus Berubah
e)    Kepercayaan Diri
f)    Intuisi
g)    Sumber Motivasi
 
Hasil star principle (prinsip bintang) Tauhid adalah kepemilikan rasa aman intrinsik, kepercayaan diri yang sangat tinggi, integritas yang sangat kuat, sikap bijaksana dan memiliki tingkat motivasi yang sangat tinggi, yang semuanya dilandasi dan dibangun karena iman dan berprinsip hanya kepada Allah serta memuliakan dan menjaga sifat Allah, Laa Ilaha Illalah.

(2)    ANGEL PRINCIPLE ( Memiliki Prinsip- Prinsip Ke-Malaikat-an)
a)    Keteladanan Malaikat
b)    Integritas dan Loyalitas
 
Malaikat itu sangat di percaya oleh Tuhan untuk menjalankan segala perintahnya. Semua pekerjaan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Seberat apapun pekerjaan yang diberikan kepada mereka, akan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Prinsipnya Tuggal “hanya mengabdi kepada Allah”. Memiliki kesetiaan yang tiada tara, bekerja tanpa kenal lelah, tak memiliki kepentingan lain selain  menyelesaikan pekerjaan yang di amanhkan kepadanya, sangat disiplin menjalankan tugas, dan selalu memuaskan dengan hasl kerjanya. Semua system yang berjalan di bawah tangannya selalu berjalan dengan sempurna, tanpa cacat sedikitpun. Inilah contoh integgritas sesungguhnya, integritas total yang menghasilkan suatu kepercayaan yang maha tinggi.
 
c)    Kebiasaan memberi dan mengawali
Dengan mengucapkan bismillah,  setiap kali akan melakukan pekerjaan, berarti kita telah melakukan suatu yang tidak akan merugikan orang lain, karena efektifitas basmallah sendiri adalah suatu investasi kepercayaan – karena merupkan prinsip yang mendahulukan memberi bukan menunggu ataupun meminta. Ingatlah aksi mi reaksi. Bahwa bukan sebuah aksi akan menciptakan reaksi (paha dan dosa) dan prinsip memberi akan menghasilkan pula sesuatu, salah satunya energi kepercayaan. Inilah hukum kekekalan energi , bahwa energi yang diberikan tak akan hilang, ia hanya berubah bentuk. Beberapa hal kecil yang bisa meningkatkan dan membangun kepercayaan adalah :
-    Memberikan penghargaan kepada orang lain
-    Memberi perhatian tulus kepada orang lain
-    Mau mendengar orang lain berbicara
-    Membuat orang lain menjadi penting di depan kita
-    Mau mengakui kesalahan dan berani meminta maaf
-    Selalu mengucapkan terimakasih
-    Suka memuji orang lain
-    Berusaha mengerti perasaan orang lain
-    Mengucapkan salam
 
d)    Komitmen
Menyatakan sebuah janji adalah hal yang sangat mudah, namun menepati janji adalah langkah emas yang mampu meraih kepercayaan yang sangat tinggi nilainya bagi orang lain. Meski hanya sebuah janji kecil, namun sesungguhnya hal tersebut sangat berpengaruh pada kredibilitas seseorang.
 
e)    Kebiasaan menolong
f)    Saling Percaya
Hasil dari angel principle adalah seorang yang memiliki tingkat loyalitas yang tinggi, komitmen yang kuat, memiliki  kebiasaan untuk mengawali dan memberi, suka menolong dan memiliki sikap saling percaya.
 
(3)    LEADERSHIP PRINCIPLE (Prinsip Kepemimpinan)
Selama ini banyak sekali kekeliruan pemahaman tentang arti pemimpin. Pada umumnya orang elihat pemimpin adalah sebuah kedudukan atau posisi semata. Akibatnya banyak orang yang mengejar untuk menjadi seorang pemimpin dengan menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Alam diciptakan dengan hukum keseimbangan, segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan sesuai dengan neraca keadilan. Ingat mekanisme per. Apabila per di tekan, maka per  itu akan mengularkan daya lenting atau daya dorong sebesar tekanan yang dikeluarkan, untuk mencapai titik keseimbangan kembali. Begitu pula jiwa-jiwa manusia, apabila ditekan maka jiwa itu akan mengeluarkan energi atau dayauntuk mencapai titik keseimbangannya kembali. Energi itulah yang akan timbul dalam bentuk perjuangan, perlawanan, atau revolusi.

Hasil dari Leadership Principle adalah Pemimpin sejati yaitu seseorang yang selalu mencintai dan memberi perhatian kepada orang lain, sehingga ia dicintai. Memiliki integritas yang kuat, sehingga ia dipercaya oleh pengikutnya. Selalu membimbing dan mengajari pengikutnya. Memiliki kepribadian yang kuat dan konsisten. Dan yang terpenting adalah memimpin berlandaskan suara hati yang fitrah.
(4)    LEARNING PRINCIPLE (Peinsip Pembelajaran)
Hasil learning principle adalah insan yang memilikii kebiasaan membaca buku dan membaca situasi dengan cermat. Selalu berpikir kritis dan mendalam. Selalu mengevaluasi pemikirannya kembali. Bersikap terbuka untuk mengadakan penyempurnaan. Memiliki pedoman yang kuat dalam belajar, yaitu berpegang kepada al-Qur’an.

(5)    VISION PRINCIPLE ( Prinsip Masa Depan )
Pada prinsip satu (Star Principle) anda diharapkan telah memiliki landasan tauhidatau memiliki spiritual commitment. Pada tahap ini anda telah dapat dikatakan sebagai seorang yang independen secara mental. Pada prinsip kedua (Angel principle) anda diminta untuk bisa menjadi orang yang dapat dipercaya. Melalui sifat kejujuran dan integritas, target julukan yang harus dicapai oleh diri anda sekarang adalah “al-amin”. Pada prinsip ketiga (Leadership principle) anda diharapkan telah mampu menyadari pentingnya kepemimpinan yang dicapai melalui “pengaruh” yang positif (bukan sekedar pencapaian jabatan), serta memiliki seorang yang dapat dijadikan teladan ideal yakni Nabi dan Rasul. Pada prinsip ke empat (Learning Principle) anda diharapkan selalu membaca, berpikir, dan terus menerus berusaha menyempurnakan segala sesuatunya melalui al-Fatihah yang dibaca berulang-ulang.

Pada prinsip lima (Vision Principle) inilah langkah pembangunan visi dimulai. Setiap tahapan pembentukan visi sangat bergantung pada kualitas kecerdasan hati seseorang, yang sejatinya telah disiapkan pada tahapan prinsip-prinsip sebelumnya. Visi akan sulit dibangun dan mampu berjalan dengan baik apabila star principle yang dianut telah salah sejak awal.

Hasil Vision principle (prinsip masa depan) adlah selalu berorientasi pada tujuan akhir terhadap setiap langkah yang dibuat. Melakukan setiap langkah secara optimal dan sungguh-sungguh. Memiliki kendali diri dan sosial, karena telah memiliki kesadaran akan adanya “hari kemudian”. Memiliki kepastian akan masa depan dan memiliki ketenangan batiniyah yang tinggi, yang tercipta karena sebuah keyakinan akan adanya “hari pembalasan”.

(6)    WELL ORGANIZED PRINCIPLE (Prinsip Keteraturan)
Manajemen adalah mengerjakan segalanya secara benar (do the things right), sedang kepemimpinan adalah mengerjakan hal-hal yang benar ( do the right things).  Manajemen melakukan efesiensi dalam menaiki tangga keberhasilan, sedangkan kepemimpinan adalah menentukan apakah tangganya bersandar pada dinding yang benar.

Hasil dari well organized principle (prinsip keteraturan ) adalah manusia yang memiliki kesadaran, ketenangan dan keyakinan dalam berusaha, karena pengetahuan akan kepastian hukum alam dan hukum sosial. Sangat memahami akan arti penting sebuah proses yang harus dilalui. Selalu berorientasi pada pembentukan sistem (sinergi) dan selalu berupaya menjaga sistem yang telah dibentuk.

Output Keseluruhan mental building melalui 6 rukun iman adalah sebagaimana neraca berikut :


COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,58,Iklan,3,Indonesia,20,Inspirasi,83,Islam,412,Kesehatan,66,Konsultasi,13,Kriminal,1,Kuliner,61,Malaysia,17,News,543,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,26,Pojokbmi,414,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,3,Taiwan,101,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini: Cara Jitu Membangun Mental Terbaik dan Terdepan
Cara Jitu Membangun Mental Terbaik dan Terdepan
http://1.bp.blogspot.com/-JacEL3yiEmA/Uoa5kclkiII/AAAAAAAAAh8/sXs8DxMPQ4g/s320/Output+keseluruhan+mental+building.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-JacEL3yiEmA/Uoa5kclkiII/AAAAAAAAAh8/sXs8DxMPQ4g/s72-c/Output+keseluruhan+mental+building.jpg
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini
http://www.de-yuan.com/2013/11/cara-jitu-membangun-mental-terbaik-dan.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2013/11/cara-jitu-membangun-mental-terbaik-dan.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy