2
loading...

Strategi Pengendalian Diri ( Self Controling )

Sekiranya kebenaran mengikuti hawa nafsu mereka, niscaya binasa langit dan bumi dan sekalian makhluk di dalamnya!. Tidak, Kami telah datangk...

Sekiranya kebenaran mengikuti hawa nafsu mereka, niscaya binasa langit dan bumi dan sekalian makhluk di dalamnya!. Tidak, Kami telah datangkan peringatan kepada mereka, tetapi mereka berpaling dari peringatan (yang diberikan kepada mereka). QS. Al-Mukminun 23:71)

Tujuan akhir dari pengendalian diri yang dilatih dan dilambangkan dengan puasa sebenarnya adalah mencapai sebuah keberhasilan, bukan merupakan sebuah pelarian diri dari kenyataan hidup di dunia yang seharusnya dihadapi.  Tujuan puasa yang sebenarnya adalah menahan diri, dalam arti yang sangat luas. Menahan diri dari belenggu ego duniawi yang tidak terkendali dan keluar dari garis orbit, atau nafsu batiniyah yang tidak seimbang. Kesemuanya itu, apabila tidak diletakkan pada pusat orbit yang benar akan berakibat pada ketidakseimbangan hidup yang kemudian akan berakhir pada kegagalan dan kehancuran.

Dorongan (keinginan/ nafsu) fisik atau batin secara berlebihan akan menghasilkan sebuah rantai belenggu yang akan menutup asset yang paling berharga dari seorang manusia, yaitu god spot yang berarti kejernihan hati yang merupakan sumber-simber suara ilahiyah yang selalu memberikan bimbingan dan informasi yang maha penting untuk menunjang keberhasilan dan kemajuan seseorang.

Puasa tanpa didahului dengan tujuan (niat), hanya akan menghasilkan kesia-siaan. Ia hanya menahan nafsu makan dan minum tanpa tujuan yang jelas, untuk apa puasa itu dilakukan untuk manfaat apa ia di aplikasikan. Puasa harus di dahului dengan syahadat kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian dilanjutkan dengan shalat dalam urutan rukun Islam, kemudian barulah ibadah puasa dilakukan. Artinya ia harus memahami seluruh perintah Allah dan Rasul-Nya serta makna shalat sesungguhnya, sebelum ia melakukan puasa. Jadi puasa tidak berdiri sendiri, namun merupakan satu kesatuan dari keseluruhan Rukun Islam dan Rukun Iman yang telah dibahas sebelumnya. Tujuan puasa adalah melindungi core values atau fitrah ruh Ilahiyah yaitu untuk menjaga isi God Spot agar selalu tetap memiliki kejernihan hati serta sekaligus merupakan pelatihan untuk menghentikan segala bentuk pengabdian selain kepada Allah (core purposes). Inilah bentuk pelatihan dahsyat dan sempurna yang metodenya langsung diberikan oleh Allah.

Salah satu manfaat puasa adalah untuk mengendalikan suasana hati. Karena suasana hati bisa sangat berkuasa atas wawasan, pikiran dan tindakan seseorang. Contohnya bila sedang marah, kita mudah sekali mengingat hal-hal atau kejadian-kejadian yang memunculkan dendam. Ketika kemarahan memuncak, suasana hati sering kali bergolak tak terkendali, tekanan yang kian menumpuk terus membengkak hingga mencapai titik batas, dan terus bertumpuk mendekati titik kritis yang tak tertahankan. Akibatnya, persoalan kecil yang biasanya tidak menimbulkan masalah apa-apa, akan berubah menjadi persoalan serius yang sangat mengesalkan hati, dan membuat kita sangat resah dan gusar. Itulah alasan yang membuat kita menjadi  buta. Setelah meledak barulah timbul penyesalan tetapi terlambat karena ledakan itu telah terlontar dan mengenai orang lain. Puasa adalah sarana untuk melatih diri dalam mengendalikan ledakan emosi seperti itu.

Prinsip untuk tetap tenang saat menghadapi provokasi atau tekanan, berlaku bagi siapa saja apabila berhadapan dengan orang yang sedang marah, atau berwatak kasar dan pemberang. Maka harus mampu menyelaraskan semangat, ambisi dan kemauan keras mereka melalui puasa, sehingga mereka mampu bekerja secara tenang dan produkktif serta mampu bekerja pada posisi puncak.

Puasa juga berfungsi sebagai  pengendali pikiran dan hati agar tetap berada pada garis orbit yang telah digariskan dalam prinsip berpikir berdasarkan rukun Iman. Disinilah sesungguhnya letak keunggulan puasa yang tertinggi, yaitu pengendalian diri agar selalu berada pada jalur fitrah, selalu memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Berikut ringkasannya.

1. Pengendali star principle (Iman Kepada Allah)
2. Pengendali Angel Principle (Kepercayaan)
3. Pengendali Leadership Principle (Kepemimpinan)
4. Pengendali Learning Principle (Pembelajaran)
5. Pengendali Vission principle (Visi)
6. Pengendali Well Organized Principle (Keteraturan)

Hasil Self Controling
Puasa adalah suatu metode pelatihan untuk pengendalian diri. Puasa bertujuan untuk meraih kemerdekaan sejati, dan pembebasan dari belenggu yang tak terkendali. Puasa yang baik akan memellihara aset kita yang paling berharga yaitu suara hati Ilahiyah.

COMMENTS

Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,39,Iklan,3,Indonesia,12,Inspirasi,83,Islam,411,Kesehatan,66,Konsultasi,12,Kuliner,61,Malaysia,7,News,471,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,24,Pojokbmi,337,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,2,Taiwan,74,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Strategi Pengendalian Diri ( Self Controling )
Strategi Pengendalian Diri ( Self Controling )
http://1.bp.blogspot.com/-BXJPrtmx8E4/UozpzT02qxI/AAAAAAAAAkM/qoGElndYKAQ/s320/puasa.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-BXJPrtmx8E4/UozpzT02qxI/AAAAAAAAAkM/qoGElndYKAQ/s72-c/puasa.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2013/11/strategi-pengendalian-diri-self.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2013/11/strategi-pengendalian-diri-self.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy