2

Terbebas Dari Jeratan Hutang --- Maukah ?

Berhutang memang suatu hal yang tak ingin kita lakukan. Hanya, desakan dari kebutuhanlah yang memaksa kita, hingga kita harus berhutang. P...

Berhutang memang suatu hal yang tak ingin kita lakukan. Hanya, desakan dari kebutuhanlah yang memaksa kita, hingga kita harus berhutang. Padahal, berhutang itu tidaklah nyaman. Karena seringkali karena banyaknya hutang yang belum kita bayar, akan menjadi pikiran tersendiri dalam benak kita. Hingga hari-hari yang dijalani pun penuh dengan rasa resah dan gelisah. Lalu bagaimana cara kita agar mudah melunasi hutang secara cepat?

Dalam hadits riwayat Imam Bukhari, Nabi SAW menjelaskan bahwa hutang lebih berhak ditunaikan daripada memberi shadaqah, membebaskan budak, atau memberi hadiah. Nabi SAW memang sangat menekankan pembayaran hutang jika sudah terlanjur berhutang. Untuk menjelaskan ini beliau SAW banyak memberi gambaran bagaimana nasib orang yang berhutang.

Seperti sabda beliau: “Jiwa seorang mukmin (yang meninggal) tergantung pada hutangnya, hingga dibayar daripadanya.” (HR at-Tirmidzi),Sesungguhnya dosa yang paling besar di sisi Allah SWT yang dilakukan seorang hamba setelah al-Kabair (dosa-dosa besar) yang dilarang oleh Allah SWT adalah seseorang mati sedangkan ia masih memiliki tanggungan hutang dan tidak meninggalkan harta untuk melunasinya.(HR Abu Dawud)

Dalam riwayat Bukhari dikisahkan bahwa Nabi SAW tidak mau menyalatkan jenazah yang masih meninggalkan hutang dan tidak meninggalkan warisan untuk melunasinya. Beliau hanya memerintahkan para sahabatnya untuk menyalatkannya saja, sedang beliau sendiri enggan, hingga Abu Qatadah al-Anshariy ra berkata: “Ya Rasulullah, tolong shalatilah jenazahnya dan hutangnya menjadi tanggungan saya.” Setelah itu beliau mau mensalatkannya.

Disebutkan dalam riwayat An-Nasa’i  beliau SAW berdoa: “Aku berlindung kepada Allah SWT dari kufur dan hutang.” Seorang sahabat bertanya: “Ya Rasulullah, apakah engkau mensejajarkan hutang dengan kufur?” Rasulullah SAW lantas mengiyakannya. Riwayat-riwayat di atas menguatkan bagaimana pandangan Islam terhadap hutang. Islam tidak menganjurkan umatnya untuk berhutang.

Ada beberapa kondisi yang dikecualikan dalam Islam hingga seseorang boleh berhutang. Yaitu dalam kondisi terjepit, bukan dalam kondisi lapang atau normal. Tapi tetap harus disertakan niat untuk membayarnya secepat mungkin. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya hutang akan diambil dari orangnya pada hari kiamat apabila orang tersebut mati. Kecuali orang yang berhutang dalam tiga kondisi; seseorang yang kekuatannya dalam sabilillah melemah, lalu ia berhutang untuk menguatkan dirinya melawan musuh Allah dan musuhnya; dan seseorang yang meninggal sedang di sampingnya ada seorang muslim yang tidak mendapati sesuatu apapun untuk mengkafani dan menutupinya kecuali dengan cara berhutang, serta seseorang yang takut kepada Allah bila dirinya membujang, lalu ia menikah karena khawatir agamanya rusak, maka Allah SWT yang akan melunasinya dari mereka pada hari kiamat.” (HR Ibnu Majah)

Hendaknya kita selalu merasa cukup dengan harta yang sedikit,menerima apa adanya,tanpa memaksakan diri untuk mendapatkan kemewahan yang berlebihan, dalam hal ini Rasulullah saw telah memberi contoh, Aisyah ra meriwayatkan: “Bahwasanya Rasulullah saw memiliki makanan dari seorang Yahudi dengan menunda pembayarannya,dan beliau menjadikan perisai dari besi sebagai jaminannya.” (HR Bukhari)

Seorang yang ingat kepada Allah saat ia meminjam hutang untuk mengatasi kesulitan hidup, lalu bersegera mengembalikan hutangnya, maka ia akan mendapatkan kelapangan dari Allah SWT. Cukuplah hadits berikut sebagai peringatan dalam membayar hutang, Rasulullah SAW bersabda: “Siapapun orang yang meminjam hutang kemudian ia berniat tidak akan membayarnya maka ia akan menemui Allah SWT sebagai seorang pencuri.” (HR Ibnu Majah)

Hutang adalah kehinaan, Imam Thahawi meriwayatkan dari Uqbah bin Amr bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian membuat takut jiwa-jiwa setelah kalian mendapatkan ketenangan.” Mereka bertanya: “Apakah hal itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Ia adalah hutang.” (al-Jami’ li Ahkamil Quran: 3/416) dan terdapat pahala yang besar jika seseorang mau mempermudah dalam masalah hutang. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang melapangkan seorang yang berhutang atau menghapus hutangnya –menghalalkannya- maka ia berada  di bawah naungan Arsy pada hari kiamat nanti.” (HR Muslim)

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu bertutur, “Pada suatu hari Rasulullah shallallahu ’alaih wa sallam masuk masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya, ‘Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu shalat?’ Ia menjawab, ‘Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.’ Beliau bertanya, ‘Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?’ Ia menjawab, ‘Tentu, wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda, ‘Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَا

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Kata Abu Umamah, ‘Setelah membaca do’a tersebut, Allah ta’aala berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku’,” (HR. Abu Dawud 4/353).

Maka hendaklah kita berusaha sedapat mungkin untuk menghindari hutang, karena bisa menyebabkan hati gelisah, sedih, terhina, dikuasai orang lain dan akan mudah terjerumus dosa, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits, ada seseorang yang berkata kepada Nabi saw, “Kenapa tuan banyak meminta perlindungan dari hutang?” Maka Rasulullah saw menjawab: “Sesungguhnya seseorang apabila berhutang dia akan cenderung berkata dusta dan berjanji lalu mengingkarinya”. (HR Bukhari).

Doa agar cepat terlepas dari hutang dinukil kisah dari Zubair. Dibaca hendak tidur

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ مُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ أَنْتَ الْأَوَّلُ لَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْآخِرُ لَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الظَّاهِرُ لَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْبَاطِنُ لَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنْ الْفَقْرِ


Link Diskusi Penulis 

COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,42,Iklan,3,Indonesia,13,Inspirasi,83,Islam,411,Kesehatan,66,Konsultasi,12,Kuliner,61,Malaysia,7,News,476,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,24,Pojokbmi,342,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,2,Taiwan,78,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Terbebas Dari Jeratan Hutang --- Maukah ?
Terbebas Dari Jeratan Hutang --- Maukah ?
http://4.bp.blogspot.com/-MzUj-VtxyGk/VXpKMrqVSgI/AAAAAAAAC3I/R5iHv29XCGU/s1600/index.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-MzUj-VtxyGk/VXpKMrqVSgI/AAAAAAAAC3I/R5iHv29XCGU/s72-c/index.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2015/06/terbebas-dari-jeratan-hutang-maukah.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2015/06/terbebas-dari-jeratan-hutang-maukah.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy