2
loading...

MENGOKOHKAN TIGA LANDASAN UTAMA DALAM AQIDAH

ذَاقَ طَعْمَ الْإِيمَانِ مَنْ رَضِيَ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا “Telah merasakan lezatnya iman, ora...

ذَاقَ طَعْمَ الْإِيمَانِ مَنْ رَضِيَ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا
“Telah merasakan lezatnya iman, orang yang ridha bahwa Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai rasul.” (HR.Muslim)
Penjelasan
Hadits ini menegaskan bahwa seorang muslim tidak boleh menjadikan selain Allah sebagai Tuhan yang disembah dan dituju, tidak berjalan kecuali diatas jalan Islam, dan tidak melakukan suatu amalan kecuali berdasarkan ajaran dan syari’at Muhammad saw. Apabila telah merealisasikan hal ini, maka ia telah merasakan lezatnya iman.
Hikmah Tarbawiyah
I. Pengertian dan Syarat-syarat kesempurnaan Ridha
Ridha adalah merasa puas dengan sesuatu sehingga tidak mencari yang lainnya. Syarat-syarat kesempurnaan ridha berdasar makna secara bahasa adalah sebagai berikut:
a) Tidak ada kebencian dan kemurkaan sedikitpun terhadap yang diridhai (karena ridha adalah lawan sakhath)
b) Mempersembahkan apa yang dimiliki kepada yang diridhai sehingga yang diridhai merasa ridha kepadanya (ardhaahu)
c) Menaati semua kebijakan yang ditetapkan oleh yang diridhai (karena ar-radhi berarti al-muthi’)
d) Senantiasa membela yang diridhai dan menjadi penjamin keselamatan bagi yang diridhai (ar-radhi adalah adh-dhamin)
e) Memandang bahwa yang diridhai adalah yang paling layak untuk diridhai dan dicintai (irtadhaahu)
f) Rela bersusah payah untuk yang diridhai (taradh-dhaituhu)
II. Bentuk – Bentuk Ridha Kepada Allah
a. Mengenal Allah dengan sebenar-benarnya sehingga bisa mengantarkan seorang muslim kepada tauhid yang murni.
Maka Ketahuilah, bahwa Sesungguhnya tidak ada Tuhan (yang haq disembah) selain Allah…”(Muhammad:19)
b. Mempersembahkan seluruh ibadah, perbuatan dan perkataan, bahkan hidup dan matinya hanya kepada Allah.
Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.Tiada sekutu bagiNya…”(Al-An’am:162-163)
c. Menaati perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya, serta meyakini bahwa semua yang diperintahkan-Nya adalah baik dan semua yang dilarang-Nya adalah jelek.
d. Ridha kepada takdir Allah, yang baik mupun yang buruk dengan mensyukuri setiap nikmat dan ketentuan baik yang telah ditetapkan untuknya dan bersabar atas musibah dan ketentuan buruk yang telah ditetapkan untuknya, karena keimanan takdirnya.
وتؤمن بالقدر خيره وشره
“Dan Hendaklah kamu beriman kepada taqdir, yang baik maupun yang buruk…” (HR.Mutafaqun Alaih)
e. Senantiasa membela dan menolong Allah
Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”(Muhammad:7)
f. Menyenangi apa yang diridhai Allah dan membenci apa yang dibenci Allah.
ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلَاوَةَ الْإِيمَانِ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا لِلَّهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ
“Ada tiga syarat seseorang dapat menikmati lezatnya iman, pertama hendaklah ia mencintai Allah dan Rasul-Nya melebihi dari yang lain,dan hendaklah mencitai seseorang karena Allah, dan hendaklah ia kebenciannya untuk menjadi kufur sebagaimana kebenciannya untuk dilempar ke bara api” (neraka)(HR. Bukhori)
III. Bentuk- Bentuk Ridha terhadap Islam sebagai Agama
a. Mengkaji dan mengajarkan agama Islam agar mendapatkan ridha Allah.
“Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, Karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.”(Ali –Imran:79)
b. Menjadikan Islam sebagai pedoman hidup bagi pribadi dan masyarakat.
“Pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”(QS.Al-Maidah:3)
c. Mengamalkan ajaran dan syari’at Islam dengan penuh keikhlasan.
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.”(QS.Al-Bayyinah:5)
d. Berjihad dan berkorban demi membela agama Islam.
Sesungguhnya Allah Telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu Telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang Telah kamu lakukan itu, dan Itulah kemenangan yang besar.” (QS.At-Taubah:111)
e. Meyakini Islam sebagai satu-satunya jalan yang mengantarkan umat ini kepada kejayaan dan kemuliaan serta solusi untuk mengentaskan umat manusia dari berbagai krisis multidimensi.
`“Barangsiapa mencari agama selain agama islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.”(QS.Ali Imran:85)
f. Mendakwahkan Islam kepada masyarakat dengan perkataan, perbuatan dan sikap yang Islami.
“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya Aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?”(QS.Fushshilat:33)
IV. Bentuk- Bentuk Ridha Muhammad sebagai Rasul
a. Mengenal sirah dan perjalanan hidup rasulullah saw.
b. Menjadikan rasul sebagai teladan dalam berbagai aspek kehidupan.
“Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”(QS.Ahzab:21)
c. Mengikuti dan menghidupkan sunnah Rasul saw.
فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي
“Barangsiapa benci kepada sunnahku maka ia bukan dari golonganku”(HR.Mutafaq Alaih)
d. Membela kehormatan dan kemuliaan Rasulullah saw.
e. Melanjutkan misi Rasulullah saw. dalam berdakwah dan menyeru manusia ke jalan Allah
“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, Aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan Aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”.(QS.Yusuf:108)
f. Berusaha meraih ridha dan syafaat rasulullah saw. dengan mengikhaskan syahadat, memperbanyak shalawat serta melakukan amalan apapun yang mengundang keridhaannya.
أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ
“Orang yang paling bahagia dengan syafaatku adalah orang yang mengucapkan Laa ilaha illallah dengan tulus dari lubuk hatinya” (HR.Bukhari)
V. Buah dari Ridha kepada Allah
a. Bimbingan dan petunjuk dari Allah
Dengan Kitab Itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (Al-Maidah:16)
b. Kemenangan dan kejayaan
` Dan barangsiapa mengambil Allah, rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, Maka Sesungguhnya pengikut (agama) Allah Itulah yang pasti menang.(Al-Maidah:56)
c. Ketenangan dan ketrentraman jiwaä{
Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku, Masuklah ke dalam syurga-Ku.” (Al-Fajr:27-30)
d. Meraih surga dan selamat dari api neraka

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadanya. yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.”(Al-Bayyinah:7-8
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,39,Iklan,3,Indonesia,12,Inspirasi,83,Islam,411,Kesehatan,66,Konsultasi,12,Kuliner,61,Malaysia,7,News,471,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,24,Pojokbmi,338,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,2,Taiwan,75,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: MENGOKOHKAN TIGA LANDASAN UTAMA DALAM AQIDAH
MENGOKOHKAN TIGA LANDASAN UTAMA DALAM AQIDAH
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2015/07/mengokohkan-tiga-landasan-utama-dalam.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2015/07/mengokohkan-tiga-landasan-utama-dalam.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy