2

Pesan Allah Singkat Padat Jelas Berisi...

Istiqamah adalah sifat yang dapat menyempurnakan kepribadian seseorang dan tidak adanya sifat ini rusaklah kepribadian seseorang.

Dari Abu Amrah Sufyan bin Abdullah radhiyallahu anhu, ia berkata : " Aku telah berkata : Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku tentang Islam, suatu perkataan yang aku tak akan dapat menanyakannya kepada seorang pun kecuali kepadamu. Bersabdalah Rasululloh Shallallahu alaihi wa Sallam : Katakanlah : Aku telah beriman kepada Allah, kemudian beristiqamalah kamu .
[Muslim no. 38]

Kalimat katakanlah kepadaku tentang Islam, suatu perkataan yang aku tak akan dapat menanyakannya kepada seorang pun kecuali kepadamu, maksudnya adalah ajarkanlah kepadaku satu kalimat yang pendek, padat berisi tentang pengertian Islam yang mudah saya mengerti, sehingga saya tidak lagi perlu penjelasan orang lain untuk menjadi dasar saya beramal. Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam menjawab : Katakanlah : Aku telah beriman kepada Allah, kemudian beristiqamalah kamu . Ini adalah kalimat pendek, padat berisi yang Allah berikan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam.

Dalam dua kalimat ini telah terpenuhi pengertian iman dan Islam secara utuh. Beliau menyuruh orang tersebut untuk selalu memperbarui imannya dengan ucapan lisan dan mengingat di dalam hati, serta menyuruh dia secara teguh melaksanakan amal-amal shalih dan menjauhi semua dosa. Hal ini karena seseorang tidak dikatakan istiqamah jika ia menyimpang walaupun hanya sebentar. Hal ini sejalan dengan firman Allah : Sesungguhnya mereka yang berkata : Allah adalah Tuhan kami kemudian mereka istiqamah.(QS. Fushshilat : 30) yaitu iman kepada Allah semata-mata kemudian hatinya tetap teguh pada keyakinannya itu dan taat kepada Allah sampai mati.

Umar bin khaththab berkata : Mereka (para sahabat) istiqamah demi Allah dalam menaati Allah dan tidak sedikit pun mereka itu berpaling, sekalipun seperti berpalingnya musang. Maksudnya, mereka lurus dan teguh dalam melaksanakan sebagian besar ketaatannya kepada Allah, baik dalam keyakinan, ucapan, maupun perbuatan dan mereka terus-menerus berbuat begitu (sampai mati). Demikianlah pendapat sebagian besar para musafir. Inilah makna hadits tersebut, Insya Allah. Begitu pula firman Allah : Maka hendaklah kamu beristiqamah seperti yang diperintahkan kepadamu.(QS. Hud : 112)

Menurut Ibnu Abbas, tidak satu pun ayat Al Quran yang turun kepada Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam yang dirasakan lebih berat dari ayat ini. Oleh karena itu, Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam pernah bersabda : Aku menjadi beruban karena turunnya Surat Hud dan sejenisnya.

Abul Qasim Al Qusyairi berkata : Istiqamah adalah satu tingkatan yang menjadi penyempurna dan pelengkap semua urusan. Dengan istiqamah, segala kebaikan dengan semua aturannya dapat diwujudkan. Orang yang tidak istiqamah di dalam melakukan usahanya, pasti sia-sia dan gagal. Ia berkata pula : Ada yang berpendapat bahwa istiqamah itu hanyalah bisa dijalankan oleh orang-orang besar, karena istiqamah adalah menyimpang dari kebiasaan, menyalahi adat dan kebiasaan sehari-hari, teguh di hadapan Allah dengan kesungguhan dan kejujuran. Oleh karena itu, Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda : Istiqamahlah kamu sekalian, maka kamu akan selalu diperhitungkan orang.

Al Washiti berkata : Istiqamah adalah sifat yang dapat menyempurnakan kepribadian seseorang dan tidak adanya sifat ini rusaklah kepribadian seseorang. 

Wallaahu a'lam.

Semoga Bermanfaat
♥Liyn♥

COMMENTS

Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,70,Download,24,Hong Kong,29,Iklan,3,Indonesia,2,Inspirasi,82,Islam,411,Kesehatan,66,Konsultasi,12,Kuliner,61,Malaysia,1,News,430,Opini,238,Orang Hilang,5,Pernik,22,Pojokbmi,296,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,2,Taiwan,63,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Pesan Allah Singkat Padat Jelas Berisi...
Pesan Allah Singkat Padat Jelas Berisi...
Istiqamah adalah sifat yang dapat menyempurnakan kepribadian seseorang dan tidak adanya sifat ini rusaklah kepribadian seseorang.
http://2.bp.blogspot.com/-7UqnJ6o4FDk/VdXXhxze9vI/AAAAAAAABFA/C7fAiA0Z7LE/s320/contoh-surat-permohonan-pindah-mutasi-tugas-pns-antar-kota-propinsi.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-7UqnJ6o4FDk/VdXXhxze9vI/AAAAAAAABFA/C7fAiA0Z7LE/s72-c/contoh-surat-permohonan-pindah-mutasi-tugas-pns-antar-kota-propinsi.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2015/08/pesan-allah-singkat-padat-jelas-berisi.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2015/08/pesan-allah-singkat-padat-jelas-berisi.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy