2

Aduh Kasian, Sudah Tua Kok Masih Kerja Saja - Ini Anak-Anaknya Dimana Sih, Tega Banget !

"aduuuh, kasihan, sudah tua kok masih saja kerja, ini anak-anaknya dimana sih, tega banget!"

Aduh Kasian, Sudah Tua Kok Masih Kerja Saja - Ini Anak-Anaknya Dimana Sih, Tega Banget !
"aduuuh, kasihan, sudah tua kok masih saja kerja, ini anak-anaknya dimana sih, tega banget!"

Itu adalah komentar yang lumrah saya temui di postingan postingan tentang kisah orang-orang tua yang masih saja bekerja di usia renta yang sering berseliweran di jagad facebook. Kita seringkali hanya memandang dari sisi kasihan kita, tapi tak pernah memandang dari sisi batin si orang tua.

Bagi orang tua yang sudah begitu sepuh, salah satu tujuan dan semangat hidup yang masih tersisa adalah membantu anak-anaknya dan memberikan uang jajan untuk cucu-cucunya dari hasil kerja keras sendiri. Dan bekerja menjadi salah satu pelampiasan terbaik.

Tempo hari, saya berkunjung ke rumah mbah (nenek) saya di kaliangkrik, saya memang rutin ke sana, karena memang ibu saya membuka warung lotek dan soto di dekat sekolah tak jauh dari rumah nenek saya, ibu saya pulangnya seminggu sekali, jadi kalau saya kangen, saya bakal menyempatkan waktu berkunjung ke sana. Jarak dari rumah nenek dengan warung ibu saya memang nanggung. Dekat, tapi jauh, sekitar 300 meteran. Kalau pakai motor terlalu dekat, tapi kalau jalan kaki ya lumayan capek.

Nah, waktu itu, saya dibuat jengkel sama nenek saya. Pasalnya, nenek saya memaksa saya untuk mengantarnya ke warung. Saya tidak mau, karena saya inginnya nenek saya istirahat saja di rumah, soalnya beberapa waktu sebelumnya, nenek saya baru saja kecelakaan, terserempet motor saat nyebrang jalan, dan kakinya sempat dijahit beberapa jahitan.

Ealah, lha kok nenek saya malah bilang gini "po aku tak mlaku wae po yo?" Wah, modiar saya, nenek saya sudah mulai mengeluarkan jurus diplomatiknya. "Rasah mbah, mbah ng ngomah wae, gogok," bujuk saya. "Aku nek nang ngomah ki malah sayah, ra ngopo-ngopo, mending nang warung, ngrewangi makmu, mbuh ngiris-iris lubis po ngumbahi piring"

Pertahanan saya jebol. Akhirnya, saya bolehkan juga nenek saya ke warung ibu saya. Karena saya tak punya lagi alasan yg lebih diplomatis. Saya tersadarkan, bahwa seringkali, bentuk perhatian kita tak selamanya berbalas sesuai dengan tujuan kita.

Kadang, menyuruh kakek dan nenek kita untuk berdiam diri dan istirahat saja di rumah malah menjadi hal yang sangat menyiksa bagi mereka, dan membiarkan mereka bekerja seringkali justru menjadi salah satu cara membahagiakan mereka.

Bagaikan menggarami lautan, mereka bakal sangat bahagia tatkala bisa memberikan materi untuk anak anaknya, kendati sebenarnya, anak anaknya sudah sangat mampu secara finansial. Mangkanya, kalau ndilalah sampeyan melihat ada orang tua renta yg masih saja sibuk kerja, berdagang misalnya, cukup doakan dan larisi dagangannya. Jangan hujat anak-anaknya, karena kita tak pernah tahu, apa yang sudah anak-anaknya usahakan untuk dia. [Agus Mulyadi/ Penulis Asal Solo]
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,70,Download,24,Hong Kong,30,Iklan,3,Indonesia,2,Inspirasi,82,Islam,411,Kesehatan,66,Konsultasi,12,Kuliner,61,Malaysia,2,News,433,Opini,238,Orang Hilang,5,Pernik,22,Pojokbmi,297,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,2,Taiwan,63,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Aduh Kasian, Sudah Tua Kok Masih Kerja Saja - Ini Anak-Anaknya Dimana Sih, Tega Banget !
Aduh Kasian, Sudah Tua Kok Masih Kerja Saja - Ini Anak-Anaknya Dimana Sih, Tega Banget !
"aduuuh, kasihan, sudah tua kok masih saja kerja, ini anak-anaknya dimana sih, tega banget!"
http://3.bp.blogspot.com/-qQ59wfELEt0/VmuhrXFIfGI/AAAAAAAADdM/03Thh5x4KdQ/s1600/12316084_967450493348363_1696088617935225717_n.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-qQ59wfELEt0/VmuhrXFIfGI/AAAAAAAADdM/03Thh5x4KdQ/s72-c/12316084_967450493348363_1696088617935225717_n.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2015/12/aduh-kasian-sudah-tua-kok-masih-kerja.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2015/12/aduh-kasian-sudah-tua-kok-masih-kerja.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy