2
loading...

Penjual Pena Suriah Mendapat Donasi 2,6 Milyar, Berikut Kisahnya

"Tidak hanya mengubah hidup saya, tapi juga hidup anak saya dan orang-orang di Suriah yang saya bantu," ujar Abdul.


DE-YUAN.COMOrang tak berilmu terbuang dalam gua berisi emas permata tak mampu menilainya. Namun orang berilmu rotan dan kayupun bisa mendatangkan uang. Begitulah ungkapan yang tepat untuk hamba Allah di bumi Suriah ini. 

Abdul membuka toko roti dan restoran kebab di Libanon dengan dana donasi yang diperolehnya. Dia ingin membantu para pengungsi Suriah lain memperbaiki hidup.

Beberapa bulan lalu, dunia menangis pada satu kisah sedih yang dialami oleh pengungsi Suriah, Abdul Halim Al Attar. Dia menjual pena sembari menggendong anaknya yang masih berusia 3 tahun kala itu, Reem, di jalanan kota Beirut, Libanon.

Dia terpaksa melakukan hal itu lantaran sudah tidak punya penghasilan setelah meninggalkan negerinya, Suriah, yang dilanda konflik berkepanjangan. Satu harapan yang dia pegang, anaknya harus cukup makan.

Aktifitasnya menjual pena ternyata diabadikan oleh seorang warga Libanon, Gissur Simonarson. Gissur, jurnalis online dan web developer itu, mengunggah foto Abdul Halim di media sosial. Dia juga membuat gerakan donasi dengan tagar #buypens dan kampanye pada Indiegogo.

30 Menit setelah diluncurkan, gerakan itu berhasil mengumpulkan dana sekitar 5.000 dolar, setara Rp70 juta.

Gerakan itu resmi ditutup dalam tiga bulan setelah diluncurkan pada Agustus lalu. Saat penutupan, dana donasi terkumpul mencapai 191.109 dolar, setara Rp2,6 miliar.

Pengungsi Suriah Penjual Pena Itu Kini Sukses

Abdul sangat bersyukur atas donasi yang dia terima. Uang sebesar itu telah mengubah kehidupannya bersama keluarganya.
[post_ads]
"Tidak hanya mengubah hidup saya, tapi juga hidup anak saya dan orang-orang di Suriah yang saya bantu," ujar Abdul.

Dengan uang itu, Abdul berpindah tempat tinggal dari kontrakan yang sempit ke apartemen dengan dua kamar di Beirut. Di sana, dia tinggal bersama Reem yang kini berusia 9 tahun, bersama kakaknya, Abdullelah, 9 tahun.

Reem kini sudah punya mainan baru. Sementara Abdullelah kembali bersekolah setelah tiga tahun lamanya dia tidak lagi bisa sekolah.

Meski demikian, sedari awal Abdel tidak ingin menikmati dana itu sendirian. Dia terpacu untuk membantu pengungsi Suriah lainnya memperbaiki hidup mereka.

Tetapi, dia sadar uang itu akan habis jika disalurkan langsung. Alhasil, Abdul memutuskan membuka toko roti dan restoran kebab di Beirut dan merekrut para pengungsi Suriah untuk bekerja di tiga restoran miliknya.

Abdul hanya menggunakan 40 persen dari 168.000 dolar, setara Rp2,3 miliar dana donasi yang terkumpul, setelah dipotong oleh Indiegogo dan PayPal sebesar 20.000 dolar, setara Rp276 juta sebagai biaya administrasi.

Indiegogo dan Paypal ternyata tidak beroperasi di Libanon sehingga uang itu dibawa oleh seorang anggota gerakan kampanye, yang memiliki akses untuk mengambil dana tersebut di Dubai.

"Saya harus menginvestasikan uang tersebut, jika tidak, uang itu bisa habis," kata Abdul sambil membungkus makanan berupa roti lapis ini ayam panggang pesanan seorang pelanggan.

Kini, senyum bangga merekah di bibir Abdul. Dia lalu berfoto di depan restorannya mengenakan kaos bertuliskan 'Stay Positive'. "Saat Tuhan hendak memberi Anda sesuatu, maka Anda akan mendapatkan itu," terang dia.

Tidak ada lagi orang yang mencibir dan mengabaikan Abdul. Sebagian besar warga Libanon kini justru bangga melihat perjuangan Abdul keluar dari kesulitan hidup sebagai pengungsi. [nbcnews.com]

COMMENTS

Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,39,Iklan,3,Indonesia,12,Inspirasi,83,Islam,411,Kesehatan,66,Konsultasi,12,Kuliner,61,Malaysia,7,News,471,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,24,Pojokbmi,337,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,2,Taiwan,74,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Penjual Pena Suriah Mendapat Donasi 2,6 Milyar, Berikut Kisahnya
Penjual Pena Suriah Mendapat Donasi 2,6 Milyar, Berikut Kisahnya
"Tidak hanya mengubah hidup saya, tapi juga hidup anak saya dan orang-orang di Suriah yang saya bantu," ujar Abdul.
http://1.bp.blogspot.com/-ocW-21dq5mE/VpZ8iMKwQLI/AAAAAAAAD5w/CdpMPlJrTmg/s640/28717bab-534a-4620-a37c-9c44980e8b97.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-ocW-21dq5mE/VpZ8iMKwQLI/AAAAAAAAD5w/CdpMPlJrTmg/s72-c/28717bab-534a-4620-a37c-9c44980e8b97.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2016/01/penjual-pena-suriah-mendapat-donasi-26.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2016/01/penjual-pena-suriah-mendapat-donasi-26.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy