2

Sering Menunda Mandi Junub? Ini Ancamannya

Menunda mandi junub ini sering terjadi pada pasangan suami istri yang telah melakukan hubungan intim (jima'). Mereka sering ...

DE-YUAN.COMMandi junub adalah mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dari hadas besar, seperti menstruasi. Apabila menstruasi telah selesai maka seorang wanita diwajibkan untuk mensucikan dirinya. Menunda mandi junub berarti menunda mensucikan diri sehingga ia tidak dapat melaksanakan ibadahnya.

Menunda mandi junub ini sering terjadi pada pasangan suami istri yang telah melakukan hubungan intim (jima'). Mereka sering menunda mandi junub karena setelah melakukan hubungan suami istri, mereka langsung melanjutkan tidur.

Sebuah kitab yang shahih terdapat bagian yang menjelaskan tentang ancaman menunda mandi junub tanpa alasan. Isi dari penjelasan itu adalah ketika seseorang menuda mandi junubnya maka ia tidak akan didekati oleh malaikat yang bernama rahmat. Dalam kitab tersebut dituliskan sabda Rasulullah yang menjelaskan bahwa terdapat tiga orang yang tidak akan didekati oleh malaikat Rahmat yakni orang mabuk, orang junub, dan orang yang berlumuran minyak wangi bernama khaluq. Ketika seseorang akan mandi junub maka ia harus menetapkan niat mandi junub terlebih dahulu.

Al Hafizh menjelaskan maksud dari hadits tersebut. Malaikat yang dituliskan dalam hadits tersebut adalah malaikat yang memberikan berkah dan rahmat, bukan malaikat pencatat perbuatan atau pengawas karena mereka akan selalu bersama kita dalam keadaan apapun.

Berdasarkan hadits tersebut dapat diketahui bahwa ketika seseorang menunda mandi junub tanpa adanya alasan yang jelas, sebagai contohnya adalah menyepelekan atau malas, maka malaikat rahmat tidak akan mendekati orang tersebut. Kemudian muncul pertanyaan baru, apakah setelah berhubungan kita harus langsung mandi junub atau bagaimana. Hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah. Setelah beliau melakukan hajat dengan istrinya terkadang beliau tidak langsung mandi junub tapi juga terkadang beliau langsung mandi junub. Apabila beliau tidak langsung mandi junub, maka beliau langsung wudhu terlebih dahulu sebelum tidur.
[post_ads]
Menunda mandi junub, ini ancamannya telah dituliskan dalam hadits Muslim yang menjelaskan bahwa setelah berhubungan suami istri, Rasulullah terkadang mandi junub langsung tapi terkadang juga tidak, dengan catatan apabila tidak langsung mandi junub maka beliau wudhu sebelum tidur.

Apabila kita lihat dari hadits lain, maka terdapat ancaman dalam menunda mandi junub tanpa adanya alasan yang mengikuti. Hadits tersebut memiliki isi yang sama dengan hadits di atas yang menjelaskan bahwa tidak akan didekati oleh malaikat Rahmat, orang yang tidak mandi junub setelah berhubungan suami istri. Inilah ancaman dari menunda mandi junub tanpa udzur.

Hadits ini menjelaskan bahwa malaikat rahmat tidak akan mendekati tiga kaum, yakni orang junub, bangkai orang kafir, orang yang berlumuran dengan minyak wangi khaluq kecuali mereka telah berwudhu setelah melakukan hajat. Minyak wangi khaluq yang dimaksud adalah campuran dari za’faran dan lainnya namun didominasi oleh warna kuning dan merah.

Sebagai seorang muslim, hal ini perlu diperhatikan benar karena dapat mengurangi keberkahan dalam hidup kita. Malaikat rahmat adalah malaikat yang memberikan berkah dan rahmatnya di dalam hidup kita atas ijin Allah. Apabila kita menunda mandi junub berarti kita tidak akan didekati oleh malaikat Rahmat. Jangankan diberikan keberkahan, mendekat saja malaikat tidak akan mau. Oleh karena itu, setelah melakukan hubungan suami istri maka kita harus segera mandi junub, tapi apabila kondisi atau keadaan tidak memungkinkan maka kita dianjurkan untuk berwudhu sebagai pengganti mandi junub.

Wallahu a'lam bishshowab
Ukhti Fa

COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,66,Download,24,Hong Kong,15,Iklan,3,Inspirasi,82,Islam,411,Kesehatan,65,Konsultasi,12,Kuliner,61,News,399,Opini,238,Orang Hilang,4,Pernik,22,Pojokbmi,265,Ponorogo,3,Resep,8,Taiwan,48,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Sering Menunda Mandi Junub? Ini Ancamannya
Sering Menunda Mandi Junub? Ini Ancamannya
Menunda mandi junub ini sering terjadi pada pasangan suami istri yang telah melakukan hubungan intim (jima'). Mereka sering ...
http://1.bp.blogspot.com/-yqG9imf-eWY/VpZ5_1aMbKI/AAAAAAAAD5Y/ZizT3cJN0xE/s640/Jika%2BSering%2BMigrain%2BAtau%2BMasuk%2BAngin%252C%2BTernyata%2BCara%2BMandi%2BKita%2BSelama%2BIni%2BSalah%2Bdan%2BBerbahaya.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-yqG9imf-eWY/VpZ5_1aMbKI/AAAAAAAAD5Y/ZizT3cJN0xE/s72-c/Jika%2BSering%2BMigrain%2BAtau%2BMasuk%2BAngin%252C%2BTernyata%2BCara%2BMandi%2BKita%2BSelama%2BIni%2BSalah%2Bdan%2BBerbahaya.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2016/01/sering-menunda-mandi-junub-ini.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2016/01/sering-menunda-mandi-junub-ini.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close