2

Hukum Memakai Cadar atau Niqob Bagi Muslimah Saat Keluar Rumah

Konflik cadar sempat membuat heboh di Taiwan, pasalnya bebera sahabat muslimah yang bercadar sempat mendapat teguran untuk melepas

DE-YUAN.COM - Konflik cadar sempat membuat heboh di Taiwan, pasalnya bebera sahabat muslimah yang bercadar sempat mendapat teguran untuk melepas cadarnya dan dikaitkan dengan isu IS di Taiwan. Lalu sebenarnya apa sih hukum memakai cadar sendiri sesuai dengan ajaran Islam yang benar? Mari kita bahas bersama dalam kajian akhir pekan kali ini bersama de-yuan.com

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang cadar marilah kita simak terlebih dahulu ayat yang menerangkan tentang batasan aurat dalam surat An-Nur ayat 31 berikut ini:
وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Dan janganlah mereka (wanita) menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS. An Nur : 31). 
[post_ads]
Kata Ziinah itu artinya perhiasan, menurut Syeikh Wahbah az Zuhaili dalam penafsirannya lebih menekankan dimana perhiasan itu dipakai, itulah yang tidak boleh ditampakkan, seperti telinga, pergelangan tangan, kaki. Namun Al-Qur'an memberikan pengecualian untuk bagian tubuh yang boleh nampak yaitu wajah dan telapak tangan.

Apakah benar cadar dalam madzhab syafii bisa menjadi wajib?
Jawabnya benar, membuka cadar hukumnya makruh, meninggalkan kemakruhan hukumnya sunnah. Cadar menjadi wajib tatkala tanpa menutup wajah laki-laki ajnabi akan tergoda olehnya dan akan menjadikan fitnah baginya.

Nah bagaimana jika aman dari fitnah, apakah diperbolehkan melihat wajah wanita secara mutlak atau tanpa batasan?

Penjelasan Imam Nawawi
Seorang laki-laki diharamkan melihat aurat wanita secara mutlak juga tidak dibolehkan memandang wajah dan kedua telapak tangan jika khawatir terjadi fitnah. Tapi jika bebas dari fitnah maka ada dua pendapat: Yang pertama tidak diharamkan, dan ini adalah pendapat mayoritas ulama pengikut terutama para ulama pendahulu Syafi'iyah dengan dalil firman Allah ta'ala: ”Dan janganlah para wanita menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak”. (QS. An Nur : 31). Dan itu ditafsirkan sebagai wajah dan telapak tangan. Walaupun itu tidak diharamkan tetapi hal itu makruh menurut Syeikh Abu Hamid dan lainnya. 

Penjelasan Imam Zakaria Al-Anshari
Melihat wajah dan kedua telapak tangan saat bebas dari fitnah itu boleh, baik itu wanita yang memandang laki-laki ataupun sebaliknya. Meskipun boleh tapi makruh sebagaimana firman Allah ta'ala: ”Dan janganlah para wanita menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak”. (QS. An Nur : 31). Dan itu ditafsirkan sebagai wajah dan telapak tangan. 

Dari penjelasan ini dapat kita fahami bahwa melihat wajah wanita itu boleh bagi laki-laki dengan syarat aman dari fitnah, namun hukumnya makruh.

Lalu kenapa ulama Syafi'iyah menyatakan bahwa menutup wajah bukan suatu kewajiban? Imam Asy Syairaziy menjelaskan alasannya:

Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang wanita ketika ihram memakai sarung tangan dan cadar. Seandainya wajah dan telapak tangan merupakan aurat maka Rasulullah tidak akan mengharamkan menutupnya. Alasan lainnya adalah karena adanya keperluan yang menuntut seorang wanita untuk menampakkan wajah dalam jual beli, dan menampakkan telapak tangan ketika memberi dan menerima sesuatu. Maka tidak dikategorikan wajah dan telapak tangan sebagai aurat.

Intinya, memakai penutup wajah (cadar) dalam pandangan madzhab Syafi’i adalah tidak wajib. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa memakai cadar merupakan ekspresi ahlak yang mulia dan menjadi sunnah, karena setidaknya hal itu dapat mencegah hal-hal yang berpotensi menjadi kemungkaran dan maksiat. Bahkan menjadi wajib kalau diduga kuat (dzan) seandainya membuka wajah akan mendatangkan pandangan haram (yang menimbulkan syahwat) laki-laki kepadanya.
editor : arsyl aufa
sumber dari tulisan al-murtadlo dalam fikih kontemporer

COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,51,Iklan,3,Indonesia,17,Inspirasi,83,Islam,412,Kesehatan,66,Konsultasi,13,Kriminal,1,Kuliner,61,Malaysia,17,News,528,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,26,Pojokbmi,397,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,3,Taiwan,94,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini: Hukum Memakai Cadar atau Niqob Bagi Muslimah Saat Keluar Rumah
Hukum Memakai Cadar atau Niqob Bagi Muslimah Saat Keluar Rumah
Konflik cadar sempat membuat heboh di Taiwan, pasalnya bebera sahabat muslimah yang bercadar sempat mendapat teguran untuk melepas
https://4.bp.blogspot.com/-C5yi5TnlhZM/VvXgj_lDiMI/AAAAAAAAFI4/2OS5siLb41MHdQOMPuEmu8E_lbmPfNb8g/s640/034.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-C5yi5TnlhZM/VvXgj_lDiMI/AAAAAAAAFI4/2OS5siLb41MHdQOMPuEmu8E_lbmPfNb8g/s72-c/034.JPG
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini
http://www.de-yuan.com/2016/03/hukum-memakai-cadar-atau-niqob-bagi.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2016/03/hukum-memakai-cadar-atau-niqob-bagi.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy