2

Hukum Wanita Muslimah Memakai Cadar Atau Niqab Diluar Rumah

Ada seorang akhwat bertanya kepada salah satu pengasuh de-yuan.com, "Ust, apa hukumnya wanita muslimah memakai cadar atau niqab saat keluar rumah?

DE-YUAN.COM - [full_width] Ada seorang akhwat bertanya kepada salah satu pengasuh de-yuan.com, "Ust, apa hukumnya wanita muslimah memakai cadar atau niqab saat keluar rumah?" Berikut adalah penjelasannya yang didasarkan atas pendapat Madzhab Syafi'i dari beberapa qaul Ulama'.

Pembahasan tentang cadar (niqab) menyangkut banyak hal, di dalam ibadah maupun di luar ibadah. Mengenai membuka niqab hukumnya makruh, meninggalkan kemakruhan hukumnya sunah begitu pula sebaliknya. Apakah memakai niqab dalam madzhab Syafi'iyah sampai kepada derajat wajib?

Memang ada suatu keadaan yang mewajibkan seorang wanita menutup wajahnya dengan niqab, yaitu keadaan yang dikhawatirkan akan timbul bahaya dan fitnah jika wajahnya dipandang oleh lelaki ajnabi. Berikut saya nukilkan qaul dari ulama yang menyebutkan dalil kewajiban tersebut:

Syeikh Abu Bakar Bakriy bin Muhammad Syatha mengatakan:
Apa yang dikutip oleh Qadhi 'Iyadh dari ulama bahwasanya tidak wajib atas wanita menutup wajahnya di jalan, yang demikian itu hukumnya sunnah, dan atas laki-laki wajib menundukkan pandangannya, karena terlarang wanita yang demikian itu bukan karena wajib menutup wajah atas mereka, tetapi karena disitu ada maslahat yang umum dengan menutup pintu fitnah. Namun menurut pendapat yang kuat wajib menutupnya atas wanita apabila diketahuinya ada pandangan laki-laki ajnabi kepadanya, karena memahami dari perkataan ulama: “Wanita wajib menutup wajahnya dari kafir dzimmi”. Dan juga karena membiarkan terbuka wajah membantu atas sesuatu yang haram.
[post_ads]
Imam Nawawi menyatakan:
Seorang laki-laki diharamkan melihat aurat wanita secara mutlak juga tidak dibolehkan memandang wajah dan kedua telapak tangan jika khawatir terjadi fitnah. Tapi jika bebas dari fitnah maka ada dua pendapat: Yang pertama tidak diharamkan, dan ini adalah pendapat mayoritas ulama pengikut terutama para ulama pendahulu Syafi'iyah dengan dalil firman Allah ta'ala: ”Dan janganlah para wanita menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak”. (QS. An Nur : 31). Dan itu ditafsirkan sebagai wajah dan telapak tangan. Walaupun itu tidak diharamkan tetapi hal itu makruh menurut Syeikh Abu Hamid dan lainnya.

Imam Zakaria al Anshari menyatakan:
Melihat wajah dan kedua telapak tangan saat bebas dari fitnah itu boleh, baik itu wanita yang memandang laki-laki ataupun sebaliknya. Meskipun boleh tapi makruh sebagaimana firman Allah ta'ala: ”Dan janganlah para wanita menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa tampak”. (QS. An Nur : 31). Dan itu ditafsirkan sebagai wajah dan telapak tangan.

Lalu kenapa ulama Syafi'iyah menyatakan bahwa menutup wajah bukan suatu kewajiban? Imam Asy Syairaziy menjelaskan alasannya: Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang wanita ketika ihram memakai sarung tangan dan cadar. Seandainya wajah dan telapak tangan merupakan aurat maka Rasulullah tidak akan mengharamkan menutupnya. Alasan lainnya adalah karena adanya keperluan yang menuntut seorang wanita untuk menampakkan wajah dalam jual beli, dan menampakkan telapak tangan ketika memberi dan menerima sesuatu. Maka tidak dikategorikan wajah dan telapak tangan sebagai aurat.

Intinya begini, memakai penutup wajah (cadar) dalam pandangan madzhab Syafi’i adalah tidak wajib. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa memakai cadar merupakan ekspresi ahlak yang mulia dan menjadi sunnah, karena setidaknya hal itu dapat mencegah hal-hal yang berpotensi menjadi kemungkaran dan maksiat. Bahkan menjadi wajib kalau diduga kuat (dzan) seandainya membuka wajah akan mendatangkan pandangan haram (yang menimbulkan syahwat) laki-laki kepadanya.

Lalu jika dipertimbangkan lebih baik mana bagi seorang wanita dewasa antara menutup wajah dan membuka wajah saat bepergian? Berdasarkan paparan dari para ulama diatas tentu lebih baik menutup wajah dengan cadar, karena sebagai tindakan berhati-hati dan agar lebih terjaga dari fitnah. Wallahu a'lam. 

Ref: Tafsir al Munir liz Zuhailiy juz 18 hal. 216, Kifayatul Akhyar juz 1 hal. 93 , I'anah ath Thalibin juz 3 hal. 300, Raudhah ath Thalibin juz 7 hal. 21. [Murtadho[fk] de-yuan.com]

COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,53,Iklan,3,Indonesia,18,Inspirasi,83,Islam,412,Kesehatan,66,Konsultasi,13,Kriminal,1,Kuliner,61,Malaysia,17,News,532,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,26,Pojokbmi,402,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,3,Taiwan,97,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini: Hukum Wanita Muslimah Memakai Cadar Atau Niqab Diluar Rumah
Hukum Wanita Muslimah Memakai Cadar Atau Niqab Diluar Rumah
Ada seorang akhwat bertanya kepada salah satu pengasuh de-yuan.com, "Ust, apa hukumnya wanita muslimah memakai cadar atau niqab saat keluar rumah?
https://1.bp.blogspot.com/-7RxYOZ6z1eQ/Vt1jJoi3L_I/AAAAAAAAE7I/sAEPGLR00f0/s640/041.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-7RxYOZ6z1eQ/Vt1jJoi3L_I/AAAAAAAAE7I/sAEPGLR00f0/s72-c/041.JPG
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini
http://www.de-yuan.com/2016/03/hukum-wanita-muslimah-memakai-cadar.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2016/03/hukum-wanita-muslimah-memakai-cadar.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy