2

Apakah Shalatnya Wanita Yang Tidak Berjilbab Diterima Allah?

hukumnya shalat orang tidak behijab itu apakah sholatnya sah dan diterima Allah?

DE-YUAN.COMAntara shalat dan berhijab atau menutup aurat bagi wanita muslimah adalah kedua hal yang sama-sama wajib. Yang artinya jika keduanya tidak dikerjakan maka berdosalah ia. Seringkali mendengar cibiran yang mengatakan :“Buat apa memakai jilbab tapi tidak shalat”. Atau dengan kalimat terbalik, “Buat apa shalat tapi tidak memakai jilbab”. Cibiran ini adalah realita yang ada di tengah masyarakat. Bahwa dengan mudah membandingkan antara shalat dengan jilbab. Dan yang paling sadis mengatakan bahwa shalatnya seseorang yang kesehariannya tidak menutup aurat bagaikan mengisi air di kaleng kosong atau sia sia saja. Benarkah demikian? Lalu bagaimana hukumnya shalat orang tidak behijab itu apakah sholatnya sah dan diterima Allah? 

Segala bentuk ibadah itu diterima Allah atau tidak itu murni urusan Allah namun orang yang ketika di luar shalat tidak berjilbab namun ketika shalat ia berjilbab maka shalatnya adalah sah. Adapun di luar shalat mereka tidak mengenakan jilbab atau tidak menutup aurat sesuai tuntunan Islam, maka hal itu ada penilaian dosa tersendiri dan sama sekali tidak mempengaruhi keabsahan shalat. Hadist-hadist berikut ini menjadi dasar pendapat bahwa tetap sah shalatnya seorang wanita yang kesehariannya belum bisa istiqomah menutup aurat.
[post_ads]
Telah menceritakan kepada kami Hannad berkata; telah menceritakan kepada kami Qabishah dari Hammad bin Salamah dari Qatadah dari Ibnu Sirin dari Shafiyah binti Al Harits dari 'Aisyah ia berkata; "Tidak sah shalat wanita yang telah haid kecuali dengan mengenakan kerudung." Ia berkata; "Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abdullah bin 'Amru. Sedangkan maksud dari sabda Nabi, "Wanita yang telah haid, "Adalah wanita yang telah berumur baligh kemudian mengalami haid." (H.R. Tirmidzi No. 344)

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Minhal telah menceritakan kepada kami Hammad dari Qatadah dari Muhammad bin Sirin dari Shafiyyah binti Al-Harits dari Aisyah dari Nabi s.a.w., bahwasanya beliau bersabda: "Allah tidak menerima shalat wanita yang sudah haid (baligh), kecuali dengan memakai tutup kepala." (H.R. Abu Daud No. 546) Nashiruddin Al-Albani menyatakan hadits ini shahih.

Abu Isa berkata; "Hadits 'Aisyah derajatnya hasan shahih. Para ahli ilmu mengamalkan hadits ini, bahwa wanita yang telah mengalami haid kemudian melaksanakan shalat sedang rambutnya terlihat maka shalatnya tidak sah. Ini adalah pendapat yang diambil oleh Syafi'i, Ia mengatakan, "Shalat seorang wanita tidak sah jika ada sesuatu dari bagian tubuhnya terlihat." Imam Syafi'i ketika ditanya; bagaimana jika pada bagian luar telapak kakinya terlihat?" ia menjawab, "Shalatnya sah."
Jika yang dimaksud tidak berjilbab disini adalah tidak berjilbab tatkala dalam keadaan shalat maka jelas shalatnya tidak diterima. Karena syarat sah shalat adalah menutup aurat, dan bagi wanita yang telah aqil baligh (yang ditandai telah haid) maka auratnya adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Maka ia wajib menutup rambutnya ketika shalat. 

Wallahu a'lam bishshowab 

Sumber :
Kitab Kutubut Tish'ah
www.odojhidayah.ga

Editor: Alin

COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Berita TKI BMI,5,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,66,Download,24,Hong Kong,15,Iklan,3,Inspirasi,82,Islam,411,Kesehatan,65,Konsultasi,12,Kuliner,61,News,397,Opini,237,Orang Hilang,4,Pernik,22,Pojokbmi,245,Ponorogo,3,Resep,8,Taiwan,48,Tekno,51,tki hong kong,1,tkw hong kong,1,Unik,1,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Apakah Shalatnya Wanita Yang Tidak Berjilbab Diterima Allah?
Apakah Shalatnya Wanita Yang Tidak Berjilbab Diterima Allah?
hukumnya shalat orang tidak behijab itu apakah sholatnya sah dan diterima Allah?
https://2.bp.blogspot.com/-gCqgKju-C6A/VwiAr4JFAcI/AAAAAAAAADg/amRpy3U2wYYH1Mx9VrReXPVLtu0hiUnWQ/s640/Kriteria-Mukena-yang-sesuai-dengan-syariat-Islam.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-gCqgKju-C6A/VwiAr4JFAcI/AAAAAAAAADg/amRpy3U2wYYH1Mx9VrReXPVLtu0hiUnWQ/s72-c/Kriteria-Mukena-yang-sesuai-dengan-syariat-Islam.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2016/04/apakah-shalatnya-wanita-yang-tidak.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2016/04/apakah-shalatnya-wanita-yang-tidak.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close