2

Inilah penjelasan tentang hukum seorang wanita yang menggugat cerai suaminya

kenyataannya banyak terjadi dalam kehidupan berkeluarga timbul masalah-masalah yang mendorong seorang isteri melakukan gugatan cerai (Khulu) dengan segala alasan. Lalu bagaimana hukumnya menurut syari'at islam jika wanita menggugat cerai kepada suaminya?

DE-YUAN.COM -  Sakinah, mawaddah dan kasih sayang adalah asas dan tujuan disyariatkannya pernikahan dan pembentukan rumah tangga. Dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.
“Dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” [Ar-Rum : 21]

Namun kenyataannya banyak terjadi dalam kehidupan berkeluarga timbul masalah-masalah yang mendorong seorang isteri melakukan gugatan cerai (Khulu) dengan segala alasan. Lalu bagaimana hukumnya menurut syari'at islam jika wanita menggugat cerai kepada suaminya?

Tujuan dibinanya sebuah keluarga adalah untuk mendapatkan ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan. Sehingga dari keluarga yang harmonis akan lahirlah generasi-generasi penerus agama yang ideal. Namun jika dalam rumah tangga sudah tidak selaras, kedamaian dan kebahagiaan sudah terenggut dengan sebab syar'i, maka islam telah memberikan jalan terbaik bagi keduanya yaitu CERAI ditangan suami dan KHULU' ditangan istri.
[post_ads]
Memang hukum asal wanita menggugat cerai adalah haram. Banyak hadits yang menjelaskan tentang hal ini. Salah satunya adalah “Wanita mana saja yang meminta kepada suaminya untuk dicerai tanpa kondisi mendesak maka haram baginya bau surga” (HR Abu Dawud)

Namun hadits-hadist tersebut tidaklah memaksa wanita untuk tetap bertahan kepada suaminya sekalipun dalam kondisi tertindas, karena larangan tersebut adalah apabila tidak dengan alasan yang dibenarkan oleh syariat. Namun jika......

1. Suami selingkuh.
Sebenarnya dalam masalah ini tidak serta merta pihak satu bisa menyalahkan pihak lainnya. Terjadinya perselingkuhan salah satu faktornya adalah ketidak puasan pasangan atas pelayanan pasangannya. Jadi dalam hal ini diperlukan komunikasi yang kontinue dan mendalam. Namun yang namanya selingkuh adalah tetap salah karena Allah SWT telah berfirman “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk,” (al-Israa’: 32)

2. Kewajiban suami adalah menafkahi ISTRI nya bagaimanapun dan berapapun nafkah yang ia mampu berikan kepada ISTRI, baik nafkah lahir maupun BATIN, hal ini sejalan dengan Hadits berikut ini. ‘’Dan mereka (para istri) mempunyai hak diberi rizki dan pakaian (nafkah) yang diwajibkan atas kamu sekalian (wahai para suami).’’ (HR. Muslim)

Pertanyaan dari Suaedah : Jika Seorang suami suka selingkuh, Menghambur-hamburkan uang hasil jerih payah istri yang bekerja di luar negri,Anak ditelantarkan di mertua dan tidak mau bertanggung jawab atas nafkah keluarga.Saat Mertua ingin minta menceraikan putrinya dia tidak mau dan minta tebusan 30 juta.
Setelah istri pulang , Istri menggugat cerai suami ke pengadilan.

Yang saya tanyakan , bukankah seorang istri itu dilarang menggugat cerai kepada suami , karena neraka baginya. Allahu A’lam.

Jadi apa hukum istri yang telah mnggugat cerai suaminya..? Berdosakah ? dengan alasan sifat suami diatas..?

Jawab :
Melihat permasalahan di atas maka, Khulu' bolehlah dilakukan olehpihak wanita karena alasan-alasan yang dikemukakan di atas adalah alasan SYAR'I. Dalil diperbolehkannya khulu' adalah ”Jika kamu khawatir bahwa keduanya (suami istri) tidak dapat menjalankan hukum-hukum Allah, maka tidak ada dosa atas keduanya tentang bayaran yang diberikan oleh isteri untuk menebus dirinya” (Qs. Al Baqarah : 229 ) dan hadits Nabi berikut ini.

“Datang isteri dari Tsabit bin Qais bin Syammas kepada Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam dan berkata: ”Wahai Rasulullah, aku tidak mencela Tsabit dalam hal agama dan akhlaknya, tetapi aku takut kekufuran.” (pada riwayat lain, “sesungguhnya aku tidak mencela Tsabit dalam hal agama dan akhlak tetapi aku tidak sanggup bersamanya.”) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya: “apakah kamu sanggup mengembalikan kebunnya?. berkata (isterinya Tsabit-pen): Iya. Ia lalu mengembalikan kebunnya kepada Tsabit dan Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam memerintahkan Tsabit untuk memisahkannya. Dia pun memisahkannya.” (HR. Bukhari)

wallahu a'lam bishshowab ...

Ustadz Imam Rifai S.Pd.I

Editor : Althafunnisa

COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Berita TKI BMI,5,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,66,Download,24,Hong Kong,15,Iklan,3,Inspirasi,82,Islam,411,Kesehatan,65,Konsultasi,12,Kuliner,61,News,397,Opini,237,Orang Hilang,4,Pernik,22,Pojokbmi,245,Ponorogo,3,Resep,8,Taiwan,48,Tekno,51,tki hong kong,1,tkw hong kong,1,Unik,1,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI: Inilah penjelasan tentang hukum seorang wanita yang menggugat cerai suaminya
Inilah penjelasan tentang hukum seorang wanita yang menggugat cerai suaminya
kenyataannya banyak terjadi dalam kehidupan berkeluarga timbul masalah-masalah yang mendorong seorang isteri melakukan gugatan cerai (Khulu) dengan segala alasan. Lalu bagaimana hukumnya menurut syari'at islam jika wanita menggugat cerai kepada suaminya?
https://3.bp.blogspot.com/-cvozPVSU_yA/VxccHHhM4hI/AAAAAAAAAIE/oVjZnrZv4WologeiL6ONYdbkQmt75X1IgCLcB/s640/_timthumb-project-code.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-cvozPVSU_yA/VxccHHhM4hI/AAAAAAAAAIE/oVjZnrZv4WologeiL6ONYdbkQmt75X1IgCLcB/s72-c/_timthumb-project-code.jpg
DE-YUAN.COM ~ Media Online TKI
http://www.de-yuan.com/2016/04/inilah-penjelasan-tentang-hukum-seorang.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2016/04/inilah-penjelasan-tentang-hukum-seorang.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close