2

Jenazah TKW Cianjur yang Tewas Usai Minum Obat Dari Majikannya Akan Dipulangkan Hari ini

DE-YUAN.COM - Jenazah tenaga kerja wanita (TKW) asal Cianjur Yuyun bin Aa Halid (35) akhirnya bisa dipulangkan ke tanah air. Setelah sepek...

DE-YUAN.COM - Jenazah tenaga kerja wanita (TKW) asal Cianjur Yuyun bin Aa Halid (35) akhirnya bisa dipulangkan ke tanah air. Setelah sepekan berlalu, pihak majikan Yuyun di Oman bersedia memulangkan jenazah warga Kecamatan Bojongpicung itu. Baca : http://www.de-yuan.com/2017/11/tkw-asal-cianjur-tewas-usai-minum-obat.html
[post_ads]
Ketua DPC Asosiasi Tenaga kerja Indonesia Pembaharuan (Astakira) Cianjur, Hendri Prayoga mengatakan, jenazah TKW yang meninggal setelah meminum obat sakit gigi itu akan dipulangkan pada Selasa, 21 November 2017.

"Saya dikabari Kementerian Luar Negeri kalau jenazah Yuyun akan diterbangkan besok. Akhirnya, seluruh urusan dan biaya ditanggung oleh majikan," kata Hendri, Senin, 20 November 2017.

Hal tersebut menjadi kabar baik bagi seluruh pihak terkait. Pasalnya, proses memulangkan jenazah Yuyun menjadi perkara yang tidak mudah. Terlebih, banyak kendala yang menyangkut administrasi hingga biaya kepulangan.

Sebelumnya, jenazah Yuyun yang meninggal dunia pekan lalu harus menunggu lama untuk dipulangkan. Pihak pemerintah Oman butuh waktu lama untuk mengurus pemberkasan. Astakira pun sampai meminta bantuan pemerintah pusat, agar proses tersebut dapat dipercepat.

"Sebelumnya, pihak majikan juga memang mengaku terkendala keuangan. Banyak kemungkinan kenapa majikan berkelit untuk memulangkan, mungkin karena persoalan biaya," ujarnya.

Hendri mengatakan, masalah biaya memang menjadi salah satu kendala yang dihadapi sejak beberapa hari lalu. Ia mengakui, hal tersebut turut mempersulit keadaan. Apalagi, jika berbicara perjanjian kerjasama, bantuan majikan menjadi bentuk tanggung jawab moril yang selayaknya diberikan.

Hingga diperolehnya kabar kepulangan jenazah, dinas terkait belum sempat memberikan bantuan. Padahal, Astakira sebelumnya telah memberikan laporan kepada pihak dinas dan melengkapinya dengan data TKI terkait.

"Sejak pekan lalu memang belum ada tanggapan. Dinas belum mengonfirmasi terkait permohonan bantuan dari kami,” katanya.

Padahal, saat itu Hendri mengharapkan dinas setempat ikut membantu memulangkan TKW yang berangkat secara resmi pada 2013 lalu itu.

Permohonan keluarga

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur Dwi Ambar melalui Sekretaris Dinas Heri Suparjo mengatakan, pihak dinas belum bisa bergerak memberikan bantuan karena ketiadaan laporan kasus secara resmi.

Selain itu, dinas juga belum menerima permohonan dari pihak keluarga untuk memulangkan jenazah Yuyun. Menurut Heri, permohonan keluarga TKI menjadi syarat utama agar dinas dapat membantu proses kepulangan jenazah melalui pemerintah pusat.

”Kami harus melakukan pengecekkan ulang terhadap informasi mengenai TKW tersebut. Harus dipastikan kebenarannya, apakah memang ada data (TKI), dan ada kejadian seperti itu (meninggal dunia),” ujar Heri.

Pihak dinas memang baru menerima informasi terkait Yuyun dari media dan keterangan secara informal. Maka dari itu, sebagai lembaga pemerintahan, dinas tidak bisa gegabah untuk memberikan bantuan.

Heri pun menjelaskan, jika Yuyun disebut-sebut pernah berangkat menjadi TKW pada 2011 lalu ke Arab Saudi melalui jalur resmi. Setelah dua tahun masa kerja, yang bersangkutan kembali pulang dan memperpanjang izin bekerja. Yuyun kemudian kembali menjadi TKW ke Oman pada 2013 lalu.

”Setelah dua tahun kontrak, Yuyun tidak juga pulang untuk perbaharui izin atau berkas lainnya. Sebenarnya, dari pihak kami hal itu perlu diperiksa lebih lanjut," ujarnya.
[post_ads_2]
Hal tersebut banyak terjadi kepada para TKI yang berangkat bekerja di luar negeri. Pendataan kepergian seringkali tidak disertai dengan data kepulangan, karena tidak jarang TKI tak melaporkan kepulangan mereka. Hal itu, pada akhirnya akan berdampak signifikan, terutama jika terjadi masalah seperti kasus yang dialami Yuyun.

”Tapi, kami bersyukur kalau pihak Astakira mau dan berhasil membantu memulangkan jenazah Yuyun,” ucap Heri.***pikiranrakyat

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,58,Iklan,3,Indonesia,20,Inspirasi,83,Islam,412,Kesehatan,66,Konsultasi,13,Kriminal,1,Kuliner,61,Malaysia,17,News,543,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,26,Pojokbmi,414,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,3,Taiwan,101,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini: Jenazah TKW Cianjur yang Tewas Usai Minum Obat Dari Majikannya Akan Dipulangkan Hari ini
Jenazah TKW Cianjur yang Tewas Usai Minum Obat Dari Majikannya Akan Dipulangkan Hari ini
https://4.bp.blogspot.com/-q2dtZgcE8UM/WhONup2WLhI/AAAAAAAABGo/7oe4ax_FrFMARlnzgMhSz2qouxM95SOsACLcBGAs/s640/sang-adik-menunjukkan-foto-almarhumah-semasa-hidup_20171114_221208.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-q2dtZgcE8UM/WhONup2WLhI/AAAAAAAABGo/7oe4ax_FrFMARlnzgMhSz2qouxM95SOsACLcBGAs/s72-c/sang-adik-menunjukkan-foto-almarhumah-semasa-hidup_20171114_221208.jpg
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini
http://www.de-yuan.com/2017/11/jenazah-tkw-cianjur-yang-tewas-usai.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2017/11/jenazah-tkw-cianjur-yang-tewas-usai.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy