2

Memanusiakan Manusia Menurut Konjen RI Merupakan Salah Satu Upaya Mengatasi Masalah TKI Hong Kong

DE-YUAN.COM - Ada sekitar 156 ribu orang buruh migran Indonesia di Hong Kong. Dengan jumlah sebanyak itu, masalah demi masalah tentu saja ...

DE-YUAN.COM - Ada sekitar 156 ribu orang buruh migran Indonesia di Hong Kong. Dengan jumlah sebanyak itu, masalah demi masalah tentu saja akan datang. Bagaimana cara Konsulat Jenderal RI di Hong Kong mengatasinya?
[post_ads]
Sebagaimana dilansir dari laman kumparan.com Konjen RI di Hong Kong Tri Tharyat diwawancarai untuk menjawab pertanyaan di atas. Selama lebih dari satu tahun terakhir, Tri sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu menyelesaikan masalah para TKI, mulai dari pelayanan dokumen sampai persoalan hukum.


“Pertama yang saya urusi adalah soal demo. Saya datang dalam kondisi KJRI ada demo setiap minggu,” kata Tri di ruang kerjanya, pekan lalu.


Menurut Tri, demo dari para TKI terjadi karena adanya ketidakpuasan dalam pelayanan sampai masalah kebijakan ketenagakerjaan. Untuk mengatasinya, pria yang pernah bertugas di KBRI Paris sampai perutusan tetap di PBB ini kemudian melakukan dialog dengan para perwakilan organisasi TKI.
Sedikit demi sedikit, Tri kemudian mencari solusi terhadap permasalahan mereka dari hasil dialog tersebut. Sampai akhirnya satu per satu bisa diselesaikan.
“Alhamdulillah sekarang demo sudah mulai berkurang,” terangnya.


Beberapa masalah yang berhasil diselesaikan Tri antara lain terkait pelayanan. Pria asal Bandung, Jawa Barat, ini sukses membuat antean pelayanan dokumen para TKI menghilang dari jalanan. Sebelumnya, antrean bisa mengular hingga ke trotoar di sekitar area KJRI, namun belakangan itu sudah tak terlihat.


Bagaimana cara Tri menyelesaikannya? Dia melakukan riset terhadap persoalan, lalu akhirnya membuat proposal perbaikan. Tri kemudian membawa proposal itu kepada para pihak terkait. Sampai akhirnya muncul perbaikan.
“Saya meminta penambahan alat pembuatan paspor, lalu memperoleh bantuan dana, memperoleh tambahan staf dan membuka loket baru,” ucapnya.
Selain itu, Tri juga membuka layanan lebih pagi. Sebelumnya layanan dimulai pukul 09.30 kini menjadi 07.30. Sementara jam makan siang yang biasanya tutup, kini dibuka namun dengan staf yang terbatas. Layanan pun tetap buka di hari Minggu dari pagi sampai sore.
“Alhamdulillah, Januari kemarin antrean sudah bisa dihilangkan dari jalan,” sambungnya.
 
 
Pada Minggu (5/11), memang benar layanan di KJRI tetap buka, termasuk layanan Imigrasi. Namun tak ada antrean sampai mengular di jalanan.
Selain urusan pelayanan, Tri juga sibuk mengatasi persoalan hukum para TKI. Urusan hukum ini bisa berkaitan dengan masalah pribadi TKI, kasus terkait utang-piutang dengan majikan, penahanan dokumen, tidak dipenuhi hak para TKI sampai pemutusan kerja sepihak.
 
 
Pada tahun 2016, KJRI menangani sedikitnya 564 kasus hukum yang berhubungan dengan para TKI. Dominannya berhubungan dengan tindakan agen nakal. Untuk mengatasinya, KJRI meminta kewenangan pada otoritas Hong Kong untuk mencabut lisensi agen perekrut tenaga kerja di Hong Kong.

Sebagai langkah awal, Tri membuat terlebih dulu kode etik untuk agensi. Setelah itu, diatur metodologi sanksi dan proses penjatuhan hukuman. Tim internal KJRI yang terdiri dari perwakilan Pensosbud, Kepolisian, Imigrasi, Kejaksaan serta Kementerian Tenaga Kerja, ditugaskan untuk menjadi pemutus apakah sebuah agen diberi sanksi atau tidak.
“Sejak itu sudah 23 lisensi kita cabut, 3 teguran keras. Ini juga memberikan efek sangat positif. Warga jadi lebih berani untuk melapor sekarang,” terangnya.
Terkait pengaduan, Tri juga menyediakan ruang pengaduan baru yang bisa menjamin privasi para TKI. Sepanjang 2017 ini, sedikitnya sudah 560 laporan yang masuk. Sebagian besar terkait pelangggaran agensi.

Selain beberapa program di atas, Tri juga sibuk menjadi jembatan komunikasi antara warga serta pemerintah Hong Kong dengan para TKI. Menurutnya, banyak perbedaan budaya yang selama ini jadi pemicu masalah.
Salah satu contohnya adalah persoalan ibadah. Ada beberapa warga Hong Kong yang mempersoalkan penggunaan mukena, sampai ibadah puasa. Tri kemudian mensosialisasikan ajaran kehidupan umat Islam itu di salah satu televisi agar publik Hong Kong mengerti.
“Hasilnya saya diceritakan beberapa TKI kalau majikannya sekarang sudah paham,” ungkapnya.
[post_ads_2]
Tri juga kerap mengisi jadi pembicara di sebuah program radio lokal berbahasa indonesia di Macau. Radio adalah satu-satunya sumber informasi bagi TKI yang berada di penjara Hong Kong atau Macau. Sehingga Tri perlu memberikan pendampingan dan informasi kepada mereka.
“Intinya kita bagaimana bisa memanusiakan mereka. Toh mereka juga saudara kita dan sebagian terkena kasus karena terperdayakan oleh orang lain, terutama kasus narkoba,” paparnya.
Ke depan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan Tri. Selama itu pula, dia akan terus memanusiakan mereka. ***kumparan


COMMENTS

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,51,Iklan,3,Indonesia,16,Inspirasi,83,Islam,412,Kesehatan,66,Konsultasi,13,Kriminal,1,Kuliner,61,Malaysia,17,News,525,Opini,238,Orang Hilang,7,Pernik,26,Pojokbmi,395,Ponorogo,4,Resep,8,Singapura,3,Taiwan,94,Tekno,51,Unik,2,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini: Memanusiakan Manusia Menurut Konjen RI Merupakan Salah Satu Upaya Mengatasi Masalah TKI Hong Kong
Memanusiakan Manusia Menurut Konjen RI Merupakan Salah Satu Upaya Mengatasi Masalah TKI Hong Kong
https://1.bp.blogspot.com/-KmvWKKpZNhU/WgEig1y7x0I/AAAAAAAAA8o/p2WkQG6EgOcxaBtuRUe332_hmV3-JMvSACLcBGAs/s640/7.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KmvWKKpZNhU/WgEig1y7x0I/AAAAAAAAA8o/p2WkQG6EgOcxaBtuRUe332_hmV3-JMvSACLcBGAs/s72-c/7.jpg
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini
http://www.de-yuan.com/2017/11/memanusiakan-manusia-menurut-konjen-ri.html
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/
http://www.de-yuan.com/2017/11/memanusiakan-manusia-menurut-konjen-ri.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy