1

Luar Biasa..!! Saat Lepas Dinas, Anggota Polisi Ini Rela Angkut Sampah Warga

Sebenarnya pemerintah desa tidak menolak, tapi ada sejumlah warga yang menolak usul itu

Bermula dari perasaan prihatin, Aiptu Trisih Setyono (55), anggota Polsek Gondang ini  berinisiatif mengadakan mobil pembuangan sampah. Usul ini pernah disampaikan di rapat Desa Ngrendeng, Kecamatan Gondang tempatnya tinggal, namun usul ini ditolak. 

“Sebenarnya pemerintah desa tidak menolak, tapi ada sejumlah warga yang menolak usul itu,” ucap Trisih.

Meski mendapat penolakan, Trisih bertekat memuwjudkan cita-citanya untuk mengadakan mobil pembuangan sampah mandiri.

Dibantu dua orang temannya, Trisih membeli sebuah mobil pikap untuk mengangkut sampah rumah tangga pada awal 2016 silam.
[post_ads]
“Waktu itu modal awalnya Rp 15 juta untuk beli pikap jelek. Pokoknya bagaimana bisa membuang sampah agar tidak berceceran,” tutur Trisih.

Menurutnya, Pengelolaan sampah telah lama menjadi masalah bagi masyarakat Kecamatan Gondang. Karena tidak ada tempat pembungan sampah sementara, maka warga membuang sampah sembarangan.

Hal itu terjadi di Kalitelu, perbatasan Kecamatan Gondang dengan wilayah Kabupaten Trenggalek. Di tempat ini lokasi sawah, sungai dan jalan raya berubah menjadi tempat pembuangan sampah liar.
"Setiap hari warga yang tidak bertanggung jawab membuang sampah seenaknya," kata Trisih

Melihat keadaan itu Trisih dan seorang temannya, Kukuh hanya mengambil sampah di Desa Ngrendeng. Ternyata dari mulut ke mulut  banyak warga yang memesan jasanya.

Setiap dua hari sekali Trisih dan Kukuh mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan warga, dan langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Segawe, Kecamatan Pagerwojo.

Lambat laun permintaan jasa pembuangan sampah ini datang dari desa-desa sekitar, seperti Wonokromo, Patoman, Bendungan hingga ke Desa Karanganom Kecamatan Kauman dan Desa Baruharjo Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek. Mobil pik up yang dijadikan armada pengangkut sampah kewalahan melayani permintaan.

“Akhirnya pik up kami jual, terus kredit mobil truk engkel. Harganya waktu itu Rp 60 juta,” kata Trisih.

Kini, pelanggan jasa pembuangan sampah ini sudah mencapai 250 an. Untuk operasional, Trisih dan Kukuh hanya mengenakan biaya iuran Rp 10.000 per bulan.
"Biaya iuran itu digunakan untuk angsuran truk pengangkut sampah, sekaligus biaya operasionalnya," jelasnya

Untuk lunas truk itu butuh waktu lima tahun lagi dan rencananya akan ditukar dengan truk roda dobel. Dengan demikian daya angkut lebih besar dan mempersingkat waktu kerja.
[post_ads_2]
Aiptu Trisih Setyono sendiri saat ini menjabat sebagai Kepala sentra pelayanan kepolisian terpadu (KSPKT) Polsek Gondang. Trisih terlihat cekatan dan tidak risi menjadi pembuang sampah mandiri. Ayah dua anak ini mengaku kerap mendapat cemooh dari kerabat dan dianggap merendahkan derajat sebagai anggota polisi.

Istrinya juga seorang PNS, dan anak sulungnya merupakan anggota TNI, namun dirinya tetap fokus pada pekerjaannya.

Saat lepas dinas Trisih melakukan aktivitas buang sampah, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utamanya sebagai polisi. Jika sedang berhalangan karena tugas, Kukuh yang akan bekerja sendirian.

“Kalau tekan saya (Kukuh) tidak bisa bekerja, saya sendiri yang berangkat mengangkut sampah. Begitu juga sebaliknya,” ucapnya.

Hasil kerja Trisih pun bisa dirasakan warga. Mereka yang tidak punya tempat pembuangan sampah di pekarangannya, kini tidak perlu bingung. Sampah yang sebelumnya kerap berceceran dan dibuang sembarangan, kini mulai bisa dikendalikan.

Trisih mempunyai cita-cita, jasa pengangkutan sampah mandiri ini bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Sebab seiring perkembangan pembangunan, banyak rumah yang dibangun tanpa mempunyai pembuangan sampah.

“Kalau dulu setiap rumah kan punya joglangan (pembuangan sampah). Sekarang lahannya terbatas, sehingga rumah-rumah banyak yang tidak punya joglangan,” katanya.

Polisi yang juga aktif bertani ini berharap, kelak ada orang lain yang mau terlibat dengan pekerjaan ini. Meski kerap dipandang sebelah mata, namun jasa pengangkutan sampah akan banyak dibutuhkan di masa mendatang. Jika tidak ada pengolahan sampah mandiri, maka solusi pengendalian sampah adalah mengangkutnya langsung ke TPA.

Kapolsek Gondang, AKP Suratman mengatakan, pekerjaan anggotanya yaity jasa pengangkutan sampah tidak mengganggu pekerjaan di Polsek Gondang. Trisih tetap disiplin, karena pekerjaan itu dikerjakan saat lepas dinas.

“Dia tetap disiplin, pekerjaan itu juga tidak mencoreng nama institusi. Apalagi jasa pengangkutan sampah itu juga jelas-jelas dibutuhkan masyarakat,” pungkas Suratman.

sumber: tulungagungtimes

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau sy berbohon. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang takut hubungi nomer trsbut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan maupun melalui anka nomer togel. Setelah dengar arahan nya bukan jg larangan agama atau jlan sesat. Tergantung dri keyakinan dan kepercayaan sja. Syukur Alhamdulillah benar2 sudah terbukti sekarang.

    BalasHapus
  2. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu..
    Izinkan saya berbagi cerita disini siapa tahu bisa bermanfaat. Perkenalkan nama saya samuel kusuma dari surabaya saya hadir disini semata-mata hanya ingin berbagi cerita sukses saya melalui adanya uang gaib/bank gaib karena sekarang sudah banyak penipuan yang mengaku bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal tapi hasilnya nol. Saya sangat berterima kasih banyak kepada bpk H. Abdul cahyono yang sudah membantu saya melalui bantuan uang gaib sehingga hidup saya sangat jauh lebih baik dari sebelumnya, padahal awalnya saya cuma buka internet mencari lowongan kerja keluar negri kok ketemu situs beliau, saya baca semua isi situs tersebut dan saya langsung telepon beliau akhirnya saya bergabung, singkat cerita selama 3 hari saya menunggu saya dapat telepon dari beliau untuk cek dananya saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebanyak 3 milyar lebih dan alhamdulillah sekarang saya sudah buka usaha di kampung, udah gak ada niat mau kerja ke luar negri.. Saya informasikan kpd anda yang ingin seperti saya butuh bantuan bpk H. Abdul cahyono silahkan kunjungi situs beliau di http://uanggaibasliinstan.blogspot.com atau langsung hubungi di nomer +6285213737273 / whatsapp 085213737273 saya cuma kasih solusi barang kali bisa mengikuti jejak saya. Terima kasih...



    BalasHapus

loading...
Nama

Anekdot,10,Blogging,2,Cerpen,6,Cuaca,71,Download,24,Hong Kong,62,Iklan,3,Indonesia,21,Inspirasi,85,Islam,412,Kesehatan,67,Konsultasi,14,Kriminal,1,Kuliner,61,Malaysia,18,News,555,Opini,240,Orang Hilang,7,Pernik,27,Pojokbmi,433,Ponorogo,5,Resep,9,Singapura,3,Taiwan,103,Tekno,55,Tips,1,Unik,3,Wirausaha,13,Wisata,26,
ltr
item
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini: Luar Biasa..!! Saat Lepas Dinas, Anggota Polisi Ini Rela Angkut Sampah Warga
Luar Biasa..!! Saat Lepas Dinas, Anggota Polisi Ini Rela Angkut Sampah Warga
Sebenarnya pemerintah desa tidak menolak, tapi ada sejumlah warga yang menolak usul itu
https://2.bp.blogspot.com/-5zSPhN3Kbjs/WsWDsnsNDcI/AAAAAAAAKXw/kv09q5LZTHIEnGFsPdVU07aYXI5KAq6rgCLcBGAs/s640/Luar%2BBiasa..%2521%2521%2BSaat%2BLepas%2BDinas%252C%2BAnggota%2BPolisi%2BIni%2BRela%2BAngkut%2BSampah%2BWarga.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-5zSPhN3Kbjs/WsWDsnsNDcI/AAAAAAAAKXw/kv09q5LZTHIEnGFsPdVU07aYXI5KAq6rgCLcBGAs/s72-c/Luar%2BBiasa..%2521%2521%2BSaat%2BLepas%2BDinas%252C%2BAnggota%2BPolisi%2BIni%2BRela%2BAngkut%2BSampah%2BWarga.jpg
DE-YUAN.COM ~ Berita Online Hari Ini
https://www.de-yuan.com/2018/04/luar-biasa-saat-lepas-dinas-anggota.html
https://www.de-yuan.com/
https://www.de-yuan.com/
https://www.de-yuan.com/2018/04/luar-biasa-saat-lepas-dinas-anggota.html
true
4981504600613212983
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy